androidvodic.com

Pembangunan IKN Nusantara Hingga Jalan Tol Trans Sumatera Dongkrak Penjualan Semen Curah - News

News, JAKARTA - PT Semen Indonesia (SIG) sepanjang 2023 mencatatkan penjualan sebanyak 40,62 juta ton atau meningkat 10 persen dibandingkan periode sebelumnya.

"Peningkatan ini didorong oleh penjualan semen curah domestik yang naik 17,3 persen dan ekspor yang naik 42 persen," ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni ditulis Rabu (13/3/2024).

Menurutnya, penjualan domestik di 2023 tumbuh di atas pertumbuhan permintaan domestik, terutama di segmen curah.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Budi Waseso Jadi Komisaris Utama di PT Semen Indonesia, Gantikan Rudiantara

"Keterlibatan SIG dalam berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN), seperti pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dan Jalan Tol Trans Sumatera, serta proyek-proyek strategis nasional lainnya menjadi faktor pendorong peningkatan volume penjualan domestik khususnya pada segmen curah," paparnya.

Seiring peningkatan pada volume penjualan, kata Vita, SIG berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 6,2 persen dari Rp 36,38 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp 38,65 triliun pada tahun 2023.

Ia menjelaskan, pada tahun sebelumnya terdapat penurunan beban pajak tangguhan yang merupakan ”one time event” dampak restrukturisasi internal group perusahaan, sehingga berkontribusi pada laba bersih yang lebih tinggi.

"Sehingga jika dampak penurunan beban pajak tangguhan tersebut dikeluarkan, di 2023 SIG mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 5,9 persen jika dibandingkan tahun 2022,” jelas Vita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat