androidvodic.com

Semarang Kebanjiran, KA Blambangan Ekspres Berhenti dan Berangkat di Stasiun Alastua - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menyatakan, curah hujan yang masih tinggi berdampak pada jalur rel antara Stasiun Semarang Tawang - Alastua di beberapa titik kilometer 2 sampai 5.

Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, ketinggian genangan air imbas banjir dari kepala rel sekitar 40 cm sehingga tidak bisa dilalui KA. Dia bilang, KAI melakukan perubahan stasiun pemberangkatan dan pemberhentian KA Blambangan Ekspres yang semula relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Ketapang Banyuwangi (pp), menjadi Alastua - Ketapang Banyuwangi (pp), mulai hari Kamis (14/3/2024).

"Bagi masyarakat yang akan menggunakan transportasi KA Blambangan Ekspres atau penumpang yang telah memiliki tiket KA Blambangan Ekspres, agar naik dan turun di Stasiun Alastua," kata Franoto dalam keterangannya, Kamis.

Franoto mengatakan, sejumlah perjalanan KA yang mengalami perubahan adalah KA Blambangan Ekspres (KA 186) pemberangkatan dari Semarang Tawang Bank Jateng pukul 18.15 WIB dan KA Blambangan Ekspres (KA 185) kedatangan di Semarang Tawang Bank Jateng pukul 06.05 WIB.

Perubahan pola operasi atau pemindahan stasiun keberangkatan dan kedatangan KA Blambangan Ekspres ini, dilakukan sampai kondisi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sudah tidak terimbas banjir lagi.

Sebelumnya, KAI Daop 4 Semarang menerapkan pola operasi perjalanan kereta api memutar dari jalur utara jawa via jalur selatan jawa, imbas terjadinya banjir atau genangan air di beberapa titik jalur rel di wilayah Daop 4 Semarang.

Banjir atau genangan air terjadi di tiga titik di wilayah Daop 4 Semarang meliputi Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.

Baca juga: Perjalanan 4 Kereta Jarak Jauh Jadi Memutar Gara-gara Banjir Semarang

KAI juga memberikan kompensasi pengembalian bea tiket hingga 100 persen, bagi pengguna jasa KA yang terimbas perjalanan kereta api atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA, akibat banjir yang saat ini sedang terjadi.

Baca juga: Daftar 7 Kecamatan di Semarang Terdampak Banjir hingga Tanah Amblas

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat