androidvodic.com

Jadi Kota Modern, di IKN Akan Ada Tiang Listrik yang 'Bisa Bicara' - News

News, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyatakan, beragam inovasi dan teknologi akan dikembangkan seiring dibangunnya IKN di Kalimantan Timur.

Dimana salah satu terobosan yang akan diuji coba yakni dengan menguji coba mobil terbang serta mobil tanpa awak.

"Itu untuk yang angkutan umum publik yang tidak memiliki driver tanpa awak, satu. Kemudian juga yang mobil terbang," kata Bambang saat ditemui awak media usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3).

Baca juga: Tinjau Pembangunan Istana Negara, Prabowo Subianto Tanyakan Ini ke Pekerja Proyek Pembangunan IKN

Lebih jauh, Bambang juga membeberkan kalau bukan tidak mungkin nantinya akan turut diuji coba penerapan tiang listrik cerdas.

Kata dia, tiang listrik tersebut nantinya bisa menjadi sumber informasi bagi setiap masyarakat yang hendak bertanya.

"Di samping itu juga ada beberapa provoke konsep untuk bagaimana misalnya tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi, misalnya gitu ya," kata dia.

Adapun fungsi tiang listrik tersebut menurut Bambang, bisa menjawab pertanyaan setiap masyarakat yang pengin menuju suatu tempat. Dirinya mencontohkan, ada seorang masyarakat yang ingin menuju ke kedai kopi dan bisa bertanya soal lokasi tersebut ke tiang listrik.

"Jadi ada tiang tiba-tiba kita mau tanya ‘ini kalau saya mau ke kafe ini lewat mana?’ Dia bisa jawab. Itu contoh fitur-fitur smart dan kita uji cobakan," kata dia.

Meski begitu, Bambang menyatakan seluruh kemajuan teknologi itu masih akan dilakukan uji coba. Atau dalam artian lain, uji coba itu dilakukan dengan melihat kondisi kelayakan dari sarana dan pra sarana di IKN.

Baca juga: Legislator PAN Pertanyakan Nasib Masyarakat Adat kepada Otorita IKN: Jangan Sampai Dimarjinalkan

"Provoke konsep itu istilahnya adalah uji coba cocok enggak sih teknologinya sama kondisi kita di lapangan," tukas dia.

Selain itu kata Bambang Susantono akan ada juga uji coba mobil terbang di IKN sebagai bentuk kemajuan mobilisasi transportasi. Kata dia, akan ada beberapa uji coba soal kemajuan transportasi di IKN termasuk mobil terbang dan mobil tanpa awak.

"Konsep dari mobil terbang, ya betul bapak, jadi kami melakukan beberapa uji coba jenis-jenis transportasi yang utama tidak hanya mobil terbang tapi juga driverless car atau angkutan umum yang tidak memiliki awak," kata Bambang.

Dia menargetkan kalau rencana itu bisa terjadi pada 2045 silam dengan beragam uji coba yang dilakukan mendatang.

"Saya kira di tahun 2045 nanti merupakan suatu keniscayaan kalau kita bicara 20 tahun dari sekarang," tukas dia.

Kendala Cuaca Hujan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat