androidvodic.com

Pelatihan Keterampilan Metodologi Lean 4.0 Diharapkan Dorong Produktivitas Industri Manufaktur - News

News, JAKARTA - Swiss German University (SGU) menggelar Workshop Lean 4.0 dengan tema 'The integration of Lean principles and Industry 4.0 to attain enhanced levels of productivity, quality, and flexibility in the operations' di Tangerang. 

Kegiatan ini dirancang bertujuan membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menerapkan Lean 4.0, sebuah metodologi yang berfokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas dalam industri manufaktur.

Pada workshop ini, para dosen Teknik Industri SGU berbagi pengetahuan soal konsep Lean 4.0 dan aplikasinya di industri. 

Sementara PT AWASIN mendemonstrasikan peralatan perawatan prediktif dan inspeksi kualitas yang memanfaatkan teknologi computer vision. 

Lalu PIDI 4.0, sebagai pusat industri digital yang diprakarsai oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), mendukung workshop ini dengan menyediakan platform dan infrastruktur digital yang dibutuhkan.

"SGU berkomitmen untuk mendukung transformasi industri di Indonesia melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan, termasuk workshop Lean 4.0 ini. Kami berharap workshop ini dapat membantu para peserta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam Lean 4.0, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri di era digital," kata Dekan Fakultas Teknik dan Teknnologi Informasi SGU, Maulahikmah Galinium dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Kepala Tim Engineering & AI PIDI 4.0, Felix Arril Simbara Barus menilai SGU adalah salah satu mitra universitas PIDI 4.0 yang memiliki kurikulum pendidikan dengan expertise yang kompeten. 

Adapun Workshop Lean 4.0 diharapkan dapat memberikan pengetahuan mendalam mengenai konsep Lean 4.0 dan aplikasinya di industri.

Sebab pemahaman dan penerapan konsep Lean 4.0 yang tepat, dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing industri di era digital.

Acara seminar pelatihan ini menggandeng PT Andal Wahana Sinergi (PT AWASIN) dan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama mewujudkan program Making Indonesia 4.0 yang diusung Kementerian Perindustrian (Kemenperin) guna mendorong transformasi industri di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat