androidvodic.com

Kemenhub Fasilitasi Pemulangan Jenazah ABK Korban Kecelakaan Kapal Korea di Perairan Jepang - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi pemulangan 6 jenazah Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang sebelumnya hilang akibat tenggelamnya kapal tanker kimia MT Keoyoung Sun di perairan Shimonoseki, Jepang, Rabu (20/3/2024).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Hartanto mengatakan, pemulangan 6 orang jenazah tersebut sudah dimulai sejak kemarin. Dia bilang, kapal Korea Selatan itu merupakan kapal pembawa bahan-bahan kimia.

Kapal tersebut membawa 11 awak kapal yang terdiri dari delapan warga negara Indonesia (WNI), dua warga negara Korea Selatan, dan satu warga negara China.

"Pengiriman jenazah dari Fukuoka ke Tokyo sudah dimulai sejak kemarin, dan setibanya di Tokyo, pemulangan jenazah ke Jakarta akan dilakukan bertahap dengan estimasi dari tanggal 3-8 April," kata Hartanto dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3/2024).

Hartanto menyatakan, penyebab kecelakan masih dalam proses penyelidikan, namun diduga karena cuaca buruk.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan ship manning agency (agensi pengawakan kapal) masing-masing ABK WNI terkait pemenuhan hak-hak para pelaut tersebut.

"Kemenhub akan terus mengawal, berkoordinasi, dan memfasilitasi sampai terpenuhinya hak-hak para korban dan diharapkan tidak ada permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga jenazah dapat segera dikembalikan ke keluarga," jelas Hartanto.

"Kami sangat berbela sungkawa atas kejadian ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam upaya pencarian dan penemuan korban. Kami bersama instansi terkait juga akan terus melakukan pencarian korban yang hilang," imbuhnya.

Baca juga: Nama-nama 7 Pelaut Indonesia yang Diduga Tewas di Tenggelamnya Kapal Tanker Korea MT Keoyoung Sun

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan bahwa dari 8 korban WNI, Japan Coast Guard mengkonfirmasi jenazah 6 WNI telah ditemukan, 1 ABK WNI selamat bernama Ryan Yudatama Lizar, sedangkan 1 ABK WNI lainnya hilang dan masih dalam pencarian.

“WNI atas nama Asep Saepudin Juhri hilang dan masih dicari oleh pihak terkait di Jepang. Saat ini, JCG masih melakukan patroli untuk mencari Asep,” ujar Judha Nugraha.

Baca juga: Sebelum Terbalik, Kapal Tanker MT Keoyoung Sun Sempat Miring, 7 Awak Kapal Indonesia Tewas

Sedangkan ABK yang selamat, Ryan Yudatama, telah keluar dari rumah sakit sejak Selasa, 26 Maret 2024 dan sedang menjalani masa pemulihan.

“Jika semua berjalan dengan lancar, Ryan direncanakan akan pulang ke Indonesia pada 1 atau 2 April mendatang,” pungkas Judha.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat