androidvodic.com

Cegah Antrean Panjang di SPBU saat Mudik Lebaran, DPR Ingatkan Pertamina Siapkan Rencana Mitigasi - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Komisi VI DPR RI mengingatkan Pertamina agar mempersiapkan rencana mitigasi untuk mengurai antrean panjang di beberapa SPBU.

Menurut anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Pertamina bisa mengerahkan petugas SPBU untuk menjemput bola dengan mendatangi kendaraan-kendaraan yang mengantre untuk mempercepat transaksi.

Selain itu, Deddy menyebut Pertamina juga bisa menyediakan BBM dalam bentuk jerigen dan semacamnya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Lakukan Uji Tera untuk Pastikan Kualitas dan Kuantitas BBM di SPBU

Politikus PDI-Perjuangan itu juga menekankan agar Pertamina tidak hanya fokus mempersiapkan SPBU yang ada di dalam jalan tol.

Ia mengingatkan agar Pertamina juga fokus pada SPBU di titik-titik lain seperti dekat area pasar atau yang berada di jalan lintas yang ramai. Ia memandang titik-titik ini berpotensi mengalami antrean panjang saat arus mudik.

"Kebiasaan selama ini kan kita banyak fokusnya itu di jalan tol, sementara beberapa titik yang sebenarnya juga harus menjadi perhatian adalah SPBU," kata Deddy dikutip dari situs dpr.go.id, Minggu (31/3/2024).

"Ketika terjadi antrean orang di satu SPBU, itu tentu menyebabkan kemacetan panjang, terutama di daerah-daerah di luar jalan tol, itu sering terjadi," lanjutnya.

Deddy berharap Pertamina tidak hanya fokus pada pengamanan arus mudik, tetapi juga saat arus balik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat