androidvodic.com

Super Indo Gandeng Food Bank-Produsen Gelar Dapur Umum di 30 Kota - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Indonesia memproduksi sampah makanan hingga mencapai 21 juta ton per tahun menurut Laporan The United Nations Environment Programme (UNEP).

Berangkat dari hal ini, Supermarket Super Indo menggandeng Foodbank of Indonesia (FOI) untuk kembali menjalankan program Senyuman Ramadan yang dioperasikan oleh melalui dapur umum dan dapur Bergerak Mustikarasa.

Baca juga: Katalog Promo JSM Superindo Hari Ini Jumat 29 Maret 2024: Sunco Rp32.900, Marjan Rp9.500

Program Senyuman Ramadan ini menargetkan penyebaran 3000 paket makanan di 30 Kota/Kabupaten di Jawa dan Sumatra yang diperuntukan bagi keluarga prasejahtera khususnya manula dan anak-anak.

Didukung 7 mitra pemasok terpilih, program ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu ditengah harga bahan pangan yang meningkat tajam.

Mitra pemasok yang bergabung dalam aksi sosial ini adalah Belfoods, CEDEA, Sunpride, Daitsabu, AICE Ice Cream, 365 Tuna Kaleng dan 365 Minyak Goreng.

Baca juga: Katalog Promo JSM Superindo Hari Ini: Minyak Goreng Sania Rp 33.500 per 2 Liter

“Dengan dijalankannya program Senyuman Ramadan ini, kami berharap bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat pra-sejahtera di bulan suci," ungkap General Manager Corporate Affairs & Sustainability Super Indo Yuvlinda Susanta dalam kegiatan di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Ditambahkan CEO Foodbank of Indonesia Networking Hendro Utomo, program Dapur Umum dan Dapur Bergerak Mustikarasa beroperasi penuh untuk menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Program ini mampu menggerakan para ibu dan relawan untuk berkumpul dan memasak bagi masyarakat rentan diantaranya anak-anak, perempuan dan lansia," kata Hendro.

Dari sisi pemerintah diwakili oleh Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Nita Yulianis, pihaknya mengapresiasi program yang telah hadir di 30 titik di Pulau Jawa dan Sumatera.

Program ini tentu bentuk kolaborasi tidak hanya dari pemerintah pusat, tetapi juga sektor penta-helix meliputi akademisi, media, pihak swasta di sector bisnis, pemerintah daerah, dan juga masyarakat.

Badan Pangan Nasional memiliki tiga Langkah dalam menjaga ketahanan pangan, yaitu better nutrition, better behavior, dan better collaboration yang akan menjadi strategi dalam menghadapi isu kehilangan dan pemborosan makanan.

Baca juga: Katalog Promo JSM Superindo Hari Ini: Minyak Goreng Tropical Rp 34.690/2 Liter

Program Senyuman Ramadan merupakan aksi sosial dimana Super Indo dan mitra pemasok menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan selama program berjalan.

Semakin banyak produk yang terjual atau dibeli oleh pelanggan di Super Indo maka akan semakin maksimal nilai donasi yang diberikan kepada penerima manfaat.

Kegiatan berlangsung selama periode festive, yaitu di bulan Ramadhan dan Syawal melalui Dapur Pangan FOI yang berada di 30 daerah Jawa dan Sumatra Selatan selama 23 Maret – 6 April 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat