androidvodic.com

ATI Jamin Infrastruktur Jalan Tol Siap Layani Pemudik Angkutan Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mencatat, seluruh infrastruktur jalan tol telah siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi/mobil selama Angkutan Lebaran (Angleb) 2024.

Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono mengatakan, kesiapan tersebut ditandai dengan tidak adanya proses pekerjaan menyoal perbaikan-perbaikan di jalan tol.

"Sesuai dengan imbauan pemerintah H-10 kondisi jalan tol kami, dalam kondisi prima dan siap menerima masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan tidak ada hambatan," kata Ade dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak di Periode Mudik Lebaran, Budi Karya: Tarif Batas Atas Belum Terlampaui

"Kami pastikan kondisi jalan dan sarana dan prasarana jalan tol kami siap untuk dilalui mendukung proses lalu lintas arus mudik arus balik lebaran tahun ini," sambungnya.

Terkait diskon tarif tol, Ade bilang bahwa ATI bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan potongan tarif di 4 ruas Tol Trans Jawa selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mendiskusikan agar trafik kendaraan bisa terakumulasi pada saat puncak arus mudik dan balik Lebaran.

"Beberapa ruas tol yang tergabung di Trans Jawa yaitu dari Jakarta sampai dengan Semarang sudah memutuskan untuk memberikan potongan tarif tol sebanyak 20 persen, yang akan dimulai di hari dan waktu yang sama yaitu tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 April untuk periode arus mudik Lebaran," ucap Ade.

"Jadi ini adalah inisiatif dari badan usaha yang ada di Trans Jawa yang ada dari Jakarta sampai dengan Semarang, meliputi beberapa ruas jalan tol baik yang dimiliki oleh Jasa Marga maupun operator tol lainnya," imbuhnya menegaskan.

Ade berharap, pemberian diskon tarif tol ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengatur perjalanan arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024.

Baca juga: Gratis, Berikut Jadwal Operasional Tol Fungsional Solo-Jogja

"Ini adalah sebuah kesepakatan bersama sehingga saya kira ini merupakan hal yang baik untuk kita sampaikan ke masyarakat. Demikian juga untuk ruas ke arah barat, untuk ruas Tangerang ke Merak dan akan dilanjutkan ruas Trans Sumatera juga akan memberikan potongan tarif tol yang sama," ungkapnya.

Mengutip akun Instagram resmi PT Jasa Marga, pemberian diskon tarif dilakukan dalam rangka memaksimalkan distribusi lalu lintas. Dengan tujuan menghindari penumpukan kendaraan selama arus puncak mudik dan balik Lebaran.

Nantinya diskon tarif tol pada arus mudik akan mulai di buka dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Sementara pada arus balik, potongan tarif didapat dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Potongan tarif tol 20 persen berlaku untuk tarif jalan tol Trans Jawa yang dikelola Jasa Marga Group, diantaranya:

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ

2. Jalan Tol Palimanan-Kanci,

3. Jalan Tol Batang-Semarang

4. Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat