androidvodic.com

Gratis, Berikut Jadwal Operasional Tol Fungsional Solo-Jogja - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan membuka secara gratis atau fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiansyah mengatakan, Jalan Tol Solo - Yogyakarta akan beroperasi fungsional secara terbatas pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tol fungsional yang dapat dilalui pengendara, yakni dari Colomadu hingga Klaten.

Baca juga: Daftar Tujuh Tol Fungsional yang Dibuka Gratis untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

"Panjangnya 22,3 kilometer. Ruas yang akan digunakan konstruksi tahap satu. Tol fungsional ini sudah dicoba saat lebaran tahun lalu hingga libur panjang Natal dan tahun baru sepanjang 13 km," tutur Rudy saat konferensi pers di Kantor Proyek Jasa Marga Jogja Solo, Surakarta, Selasa (2/4/2024).

Sedangkan, ucap Rudy, kondisi konstruksi dari Kartasura hingga Karanganom sudah terbangun dua arah. Namun, untuk jalur Karanganom hingga Klaten masih satu jalur dalam kategori rigid pavement.

"Tol fungsional Solo-Yogya ini direncanakan dioperasionalkan mulai 5 hingga 15 April atau pada saat puncak arus mudik," ujar Rudy.

Jasa Marga memastikan, pengendara tidak akan dikenai tarif saat menggunakan jalan tol fungsional ini atau gratis.

Rudy menerangkan untuk arus mudik difungsikan pada 5-11 April 2024. Sedangkan, 12-15 April 2024 difungsikan untuk arus balik.

Baca juga: Rincian 6 Ruas Tol Fungsional yang Dibuka untuk Mudik Lebaran 2024, Beroperasi 6 Pagi Sampai 5 Sore

"Arus yang digunakan hanya satu arah sesuai dengan periode arus mudik dan arus balik. Kemudian, jam operasional tol ini juga masih dibatasi hanya sampai pukul 06.00-17.00 WIB, karena memang kondisi jalan yang masih dalam tahap konstruksi penerangan kurang marka juga belum jadi masih ada beberapa kelengkapan operasional jalan yang belum terpasang," tutur Rudy.

Dia menambahkan, tol fungsional hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan 1. Proses penyeleksian kendaraan yang diperbolehkan masuk tol fungsional akan dilakukan di pos pantau yang berada gerbang tol Colomadu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat