androidvodic.com

Indonesia AirAsia Ajukan 62 Penerbangan Tambahan, Kuota 11 Ribu Penumpang - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Indonesia AirAsia telah mengajukan 62 penerbangan tambahan atau extra flight dengan kuota sebanyak 11 ribu penumpang selama periode Angkutan Lebaran (Angleb) 2024.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine dalam wawancara khusus bersama Tribunnews di Studi Tribunnews Senin (1/4/2024).

"Kurang lebih itu akan 11 ribu orang, memang kami masih memiliki saat ini keterbatasan armada dan ini yang secara total," kata Veranita.

Menurut Veranita, 11 ribu penumpang merupakan angka yang cukup kecil jika dibandingkan dengan proyeksi pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang memprediksi bahwa akan ada 193,6 juta orang akan melakukan mudik.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak di Periode Mudik Lebaran, Budi Karya: Tarif Batas Atas Belum Terlampaui

Sedangkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara pun memprediksi bahwa setidaknya akan ada 4,4 juta orang yang akan mudik menggunakan transportasi udara yaitu pesawat.

"Tapi kami percaya, kami memiliki kontribusi yang besar di rute-rute yang kami layani untuk memfasilitasi penumpang, untuk bisa nyaman dan juga tepat waktu untuk berkumpul bersama keluarga," tutur Veranita.

Selain itu Veranita menyatakan, untuk menunjang kenyamanan 11 ribu masyarakat dalam penerbangan, Indonesia AirAsia mengerahkan 26 armada pesawat selama periode Lebaran 2024.

"Saat ini, Lebaran ini akan menerbangkan 26 pesawat terbang dari 28 yang kami terbangkan sebelum Covid-19, jadi hampir menuju covid recovery," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, dari 62 penerbangan tambahan itu Indonesia AirAsia memprioritaskan bukan hanya penerbangan domestik saja, melainkan juga penerbangan internasional. Untuk rute domestik lanjut Veranita, extra flight tersebut dilakukan di rute Jakarta - Lampung. Sebab dia menilai rute tersebut memiliki animo yang tinggi.

"Sebenarnya prioritas ada di domestik dan internasional. Kalau di domestik itu tentunya rute kami terbesar Jakarta-Bali, Jakarta-Lampung banyak sekali demandnya bahkan ada juga sekarang ini sudah mostly fully book," ujar Veranita.

Adapun Indonesia AirAsia sendiri menyediakan 350.000 kursi penerbangan selama periode Lebaran yang berlangsung mulai 3 sampai 18 April 2024. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 27 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023.

Selama tahun 2023, sekitar 2,1 juta penumpang telah menggunakan penerbangan Indonesia AirAsia untuk bepergian ke berbagai destinasi di Indonesia. Rute domestik yang dimiliki AirAsia per Februari 2024 juga sudah mencapai 12 rute, dengan yang paling terbaru dibuka adalah Denpasar-Kupang dan Denpasar-Lampung.

Indonesia AirAsia akan selalu memprioritaskan kenyamanan, keamanan dan keselamatan para penumpang dalam setiap penerbangannya. Seluruh staff Indonesia AirAsia telah terlatih untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menghadapi lonjakan penumpang selama periode Lebaran di setiap tahunnya.

Selain itu, personel keamanan terlatih juga siap siaga untuk membantu mengamankan dan menertibkan situasi di lapangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat