androidvodic.com

Angkasa Pura Indonesia Prediksi Bakal Layani 7,9 Juta Penumpang Selama Periode Angkutan Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia Faik Fahmi berpendapat, pihaknya akan melayani sebanyak 7.971.471 penumpang/pax di 35 bandara yang dikelola selama periode Angkutan Lebaran (Angleb) 2024.

Faik bilang, jumlah penumpang itu naik 3 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019 atau periode sebelum Covid-19 yaitu sebesar 7.747.891 penumpang.

"Memang tadi di sampaikan bahwa diproyeksikan trafik di periode Lebaran ini 3 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2019," ujar Faik dalam acara “Kupas Tuntas Bersama InJourney Airports Angkasa Pura Indonesia” di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: ATI Jamin Infrastruktur Jalan Tol Siap Layani Pemudik Angkutan Lebaran 2024

Dikatakan Faik, meskipun trafik penumpang diprediksi naik namun jumlah pesawat yang dioperasikan pada Angleb tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2019.

"Tapi kalau kita lihat dari jumlah pesawat yang dioperasikan ini sebenarnya masih jauh dari tahun 2019. Tahun 2019 itu ada sekitar 640 pesawat yang dioperasikan tapi untuk lebaran ini hanya 420 pesawat," tuturnya.

Selain itu, Faik menilai bahwa pergerakan penumpang pesawat di awal tahun ini memang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun recovery rate masih di level 86 persen pada Februari 2024.

Meski begitu, Faik menyatakan bahwa Angkasa Pura Indonesia optimis bahwa di tahun ini trafik/pergerakan penumpang akan recovery sepenuhnya.

"Kalau kita lihat tren pergerakan trafik dari tahun ke tahun, 2024 diharapkan akan sama dengan sebelum pandemi Covid-19 walaupun memang sampai dengan Februari 2024 ini recovery rate nya masih di level 86 persen," ucap Faik.

"Dan ini sudah juga lebih baik dari tahun sebelumnya baik untuk pergerakan penumpang maupun pergerakan pesawat dan juga kargo," imbuhnya menegaskan.

Di sisi lain, Faik menyatakan Angkasa Pura Indonesia telah menyiapkan beberapa posko pelayanan untuk para penumpang yang akan melakukan mudik menggunakan pesawat. Posko-posko tersebut telah tersedia di beberapa kantor pusat maupun kantor cabang Angkasa Pura Indonesia.

Baca juga: Menjelang Lebaran, KAI Logistik Tingkatkan Layanan Angkutan Kontainer

"Selama 16 hari kita pastikan kita fokus memberikan layanan terbaik untuk memastikan saudara-saudara kita yang melaksanakan libur Lebaran bisa dilayani dengan baik. Dan ini kita sudah konsolidasi dengan seluruh stakeholder memastikan terkait dengan keselamatan, keamanan, kelancaran dan kenyamanan buat para pengguna," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat