androidvodic.com

Pulang ke Kampung Halaman, Pemudik Kereta Mengaku 'War Tiket' Sebulan Sebelum Keberangkatan - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Seorang calon penumpang kereta jarak jauh, Rezky (28) mengaku sudah 'war tiket' untuk pulang kampung jauh-jauh hari dari sebulan sebelum keberangkatan.

Rezky terlihat tengah duduk di dekat pintu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dia tengah memandangi layar televisi sambil menanti keberangkatan.

Baca juga: Jalan Rusak dan Pengendara Saling Serobot dan Jadi Penyebab Kemacetan Parah di Banyuasin

Rezky mengaku memilih kereta karena dinilainya sebagai moda transportasi, yang dapat menghindari kemacetan. Pria asal Malang ini bercerita telah membeli tiket pulang kampung jauh-jauh hari.

"War tiketnya penuh perjuangan. Udah dari sebulan lebih lah pesannya," ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (6/4/2024).

Dia mengaku bekerja di Jakarta, dan ingin memanfaatkan momentum Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga. Jika sesuai jadwal, Didit akan berangkat sekira pukul 17.25 WIB dengan kereta 108 Jayabaya.

Sedangkan, pemudik lain Haryo (43) membawa serta istri dan anaknya untuk pulang ke Yogyakarta. Menurutnya, mudik naik kereta api jauh lebih murah secara biaya dibandingkan moda transportasi lain.

"Kalau naik mobil pribadi belum hitung biaya bensin, servisnya. Tambah pegel macet di jalan lagi," terangnya.

Diketahui, ribuan penumpang mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Mereka mulai bersiap-siap pulang ke kampung halaman demi menyambut Lebaran. Hari ini, Sabtu (6/4/2024), merupakan puncak arus mudik Lebaran. Terlihat para penumpang kereta api membawa barang bawaan mereka.

Ada yang menenteng koper, membawa tas di punggungya, hingga menenteng kardus-kardus berisikan oleh-oleh seperti makanan hingga barang elektronik. Para pemudik kereta api terlihat datang dari pelbagai kalangan usia dari dewasa, remaja, hingga belia.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, KCIC Operasikan 52 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Per Hari

Para petugas keamanan terlihat mondar-mandir, porter menawarkan jasa angkut, penumpang duduk-duduk menanti jadwal keberangkatan.

Sebelumnya, Manager Humas KAI Daop I Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan total penumpang yang berangkat dari Daop I Jakarta, yakni dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen mencapai 47.000 pada hari ini.

"Total 47.000 sekian. Untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen 26.777, untuk Stasiun Gambir sekitar 19.000," ujar Ixfan saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga: Puncak Arus Mudik, 26.777 Penumpang Kereta Jarak Jauh Akan Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Hari ini, akan menjadi puncak arus mudik. Sedangkan, kata Ixfan, untuk Minggu (7/4/2024) KAI akan mengangkut penumpang sebanyak 45.000, yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat