androidvodic.com

Komisi IX DPR Nilai Banyaknya Barang Bawaan Pekerja Migran Merupakan Hal Wajar: Bukan untuk Komersil - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto memandang para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang membawa banyak barang bawaan dari luar negeri merupakan hal wajar.

Edy meyakini bahwa barang kiriman atau bawaan PMI bukan bertujuan komersil, melainkan kebutuhan keluarga mereka di kampung halaman.

Sebelumnya, ramai soal barang bawaan PMI dari luar negeri tertahan di gudang penyimpanan barang logistik, Tempat Penimbunan Sementara (TPS), Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Barang-barang ini disebut tertahan hingga rusak, busuk, dan kedaluwarsa

Baca juga: Kena Pembatasan Barang Bawaan, Pembalut dan Popok Dipermasalahkan

Hal itu ditemukan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani ketika sedang inspeksi mendadak (sidak) ke TPS tersebut.

Tertahannya barang ini merupakan imbas dari diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor sebagaimana terakhir diubah dengan Pemendag Nomor 3 Tahun 2024.

Peraturan tersebut menyulitkan masyarakat yang menenteng barang bawaan atau barang belanjaan dari luar negeri karena kini jadi dibatasi jumlahnya. Aturan yang lebih ketat tersebut telah berlaku sejak 10 Maret 2024.

"Mereka (PMI) tidak sering pulang. Ada yang bertahun-tahun kerja baru pulang. Wajar jika barang bawaan banyak,” kata Edy dikutip dari situs dpr.go.id, Selasa (9/4/2024).

Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, aturan mengenai impor adalah hal baik, tetapi harus didukung sistem yang apik, sehingga tidak merugikan PMI.

“Saya minta BP2MI, Kementerian Perdagangan, dan Bea Cukai berkomunikasi mengenai penerapan kebijakan impor tersebut,” ujar Edy.

Baca juga: Mendag Batal Revisi Aturan Barang Bawaan: Sudah Sepatutnya Kita Bayar Pajak

Sebagai informasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah buka suara terkait dengan hal ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso menyampaikan, terjadi kesalahpahaman saat sidak yang dilakukan BP2MI.

Dalam sidak tersebut, terungkap bahwa barang bawaan PMI yang tertahan merupakan barang yang baru tiba.

Untuk itu, Kemendag akan berkoordinasi lebih lanjut dengan BP2MI untuk merespons kesalahpahaman tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat