androidvodic.com

Tiga Kapal Rute Pelabuhan Panjang-Ciwandan Disiapkan untuk Arus Balik Lebaran 12-18 April - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyiapkan tiga armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang ke Pelabuhan Ciwandan pada 12-18 April 2024.

Ketiga kapal tersebut masing-masing berangkat pada pukul 12.00, 14.00, serta 16.00 WIB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemaksimalan pelabuhan alternatif tidak hanya bertujuan untuk mengurai kepadatan di Merak.

Namun, juga memberi manfaat bagi pemudik agar dapat beristirahat lebih panjang.

Sebab, waktu tempuh menuju Kota Bandar Lampung terpangkas hingga 1 jam.

“Kami maksimalkan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Karena, jika ke Panjang maka menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi yang ingin ke Ibu Kota Lampung. Ini sangat positif," kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/4/2024).

Armada kapal yang disiapkan antara lain KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada 12 April 2024, serta KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea pada 13-18 April 2024.

Masyarakat juga dapat memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan.

Baca juga: Manfaatkan 3 Hari Diskon Tarif Tol 20 Persen Arus Balik dari Semarang ke Jakarta, Catat Tanggalnya

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku.

"Tujuannya untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus balik Lebaran dari Sumatera ke Jawa,” ujar Budi.

Baca juga: Pemudik ke Lampung Rela Berangkat H-1 Lebaran demi Hindari Macet Parah di Pelabuhan Ciwandan

Dia jufa mengingatkan, kapal tersebut hanya untuk pemudik sepeda motor dan mobil kecil. Selama arus balik, truk 3 sumbu tidak boleh dijalankan untuk sementara waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat