androidvodic.com

Okupansi Penumpang Keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen Capai 65 Persen - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Tidak hanya penumpang arus balik yang memadati stasiun area KAI Daop 1 Jakarta tetapi juga penumpang keberangkatan.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan pengguna jasa yang berangkat H+5 mudik lebaran dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen masih mengalami peningkatan jika dibandingkan pada hari kerja masa normal.

“Hari ini sekitar 34.000 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” jelas Ixfan di Jakarta, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Menhub Sebut Arus Balik di Bakauheni Lancar, Ini Jurus yang Disiapkan untuk Antisipasi Kepadatan

Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan PasarSenen pada 15 April 2024 okupansi penumpang total mencapai 65 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Menurutnya, hari ini terdapat sekitar 21.500 penumpang berangkat dari Stasiun PasarSenen dengan layanan 38 KA yang beroperasi.

Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 12.500 dengan layanan 41 KA beroperasi.

Secara total untuk jadwal keberangkatan 31 Maret hingga 15 April (H-10 s.d H2+4) tercatat sekitar 653.100 pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada moment lebaran.

Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 03 sampai dengan 11 April 2024.

Sementara berdasarkan data Senin 15 April 2024 sekitar 750 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Baca juga: Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi Arah Jakarta Padat, Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Sampai Besok

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 03 sampai 11 April 2024.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 04 hingga 10 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat