androidvodic.com

Lebih dari 33 Ribu Orang Kembali ke Jakarta via Stasiun Gambir dan Pasar Senen Hari Ini - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI mencatat sekitar 33 ribu orang kembali ke Jakarta melalui 2 stasiun utama yakni Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Selasa (16/4/2024).

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko merinci, dari jumlah tersebut 18.600 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen dan 14.400 penumpang turun di Stasiun Gambir.

Adapun sebenarnya secara keseluruhan pada hari ini Selasa 16 April 2024 terdapat sekitar 47.213 pengguna yang tiba di wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

Baca juga: PT KAI: Masih Tersedia 145 Ribu Tiket Kereta untuk Layani Mudik Lebaran 2024

Yakni 18.600 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 14.400 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.450 penumpang di Stasiun Bekasi, dan 4.350 penumpang di Stasiun Jatinegara.

Dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal.

Ixfan mengungkapkan, KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

"Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," ucap Ixfan dalam pernyataannya, Selasa (16/4/2024).

Ia melanjutkan, sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba.

Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran.

Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Baca juga: 47 Ribu Lebih Pemudik Kereta Balik Jakarta di H+4 Lebaran, Sebagian Turun di Stasiun Pasar Senen

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

"Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat