androidvodic.com

Jokowi Minta Tim Cook Bangun Pabrik dan Buka Apple Store di Indonesia - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkap salah satu pembicaraan CEO Apple Inc. Tim Cook dengan Presiden Jokowi adalah soal membangun pabrik di Indonesia.

Ia mengatakan, pemerintah meminta agar Apple bisa membangun pabrik di Tanah Air.

"Itu salah satu permintaan kami juga. Saya sudah sampaikan juga. Mereka juga punya pertimbangan sendiri. Sedang dibicarakan bagaimana Apple bsa membangun [pabrik] atau m

Baca juga: Pandangan Ekonom Soal Lawatan Bos Apple di Tengah Konflik Timur Tengah

engadakan proses manufakturnya di Indonesia," kata Budi di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Ketika melayangkan permintaan ini, Budi mengatakan pemerintah sambil memamerkan data bahwa handphone dari Apple merupakan yang terbanyak diimpor ke Indonesia dibanding merek lain.

Dia bilang, dari impor handphone pada 2023 sebanyak 2,8 juta unit, 85 persennya merupakan produk Apple. Sehingga, hampir lebih dari 2 juta unit Indonesia mengimpor produk Apple pada tahun tersebut.

"Gini, lho. Indonesia ini setahun 49 juta handphone produksi di Indonesia. Kita impor 2,8 juta HP di tahun 2023, di mana 85 persen-nya Apple. Berarti kan hampir 2 juta lebih ya kita impor langsung Apple," sambungnya.

"Kalau dengan angka segitu, kita sudah sampaikan, Indonesia kontribusinya segini, lho. Masa iya enggak mau bangun pabrik di Indonesia," ujar Budi.

Bersamaan dengan permintaan membangun pabrik, ia mengatakan pemerintah juga meminta Tim Cook bisa membuka Apple Store di sini.

Apabila pabrik bisa dibangun, Apple Store bisa dibuka, harga produk Apple bisa lebih murah.

"Ya, ujung-ujungnya Apple bisa lebih murah dan konsumen senang. Papa senang, mama senang. Iya kan?" kata Budi.

Baca juga: Makna Kunjungan Bos Apple, Pakar Siber: Indonesia Jadi Pasar Pengganti China

Sebagai informasi, CEO Apple Inc, Tim Cook menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (17/4/2024).

Kurang lebih satu jam ia bertemu Presiden Jokowi yang didampingi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat