androidvodic.com

Banyak Orang Indonesia ke Luar Negeri, Permintaan Cetak Paspor Naik 3 Kali Lipat - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Perusahaan Umum Percetakan Uang Negara Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat adanya peningkatan permintaan cetak paspor oleh masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke luar negeri.

Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengungkapkan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, peningkatan pada 2023 tercatat sebanyak 3 kali lipat.

Namun, ia enggan membeberkan detail angka cetak paspor pada tahun lalu.

"Tiga kali lipat (terkait permintaan cerak paspor) tapi data persis harus ke imigrasi. Angka ini signfikan sekali," ungkap Dwina Septiani di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Ia membeberkan, meningkatnya permintaan cetak paspor disebabkan gaya hidup masyarakat yang berubah seiring berjalannya waktu.

Menurut Dwina, kini masyarakat menjadikan aktivitas pariwisata atau traveling ke luar negeri sebagai kebutuhan utama.

Dengan demikian, tren permintaan cetak paspor di dalam negeri masih akan terus meningkat.

"Ada perubahan gaya hidup di mana alokasi masyarakat untuk hal-hal yang berkaitan experience travelling meningkat, dan ini mempengaruhi rencana pengembangan bisnis Peruri," ungkap Dwina.

Manajemen bahkan berencana untuk memperbesar capital expenditure atau modal kerja, untuk bisnis percetakan paspor.

Baca juga: Pemerintah Akan Tunjuk Peruri Sebagai GovTech untuk Percepat Transformasi Digital

Hingga kini, kontribusi terbesar pendapatan Perum Peruri utamanya masih berasal dari bisnis percetakan uang.

Perusahaan pelat merah ini juga terus mendorong penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di setiap kegiatan bisnisnya.

Sebagai tambahan informasi, Perum Peruri adalah BUMN yang bergerak di bidang percetakan uang dan dokumen keamanan. Perusahaan ini juga menyediakan jasa keamanan digital.

Baca juga: Imigrasi Jakarta Pusat Luncurkan Paspor Polikarbonat, Diklaim Lebih Aman

"Kan dulu sebelum ini Peruri cuma cetak saja, cover dan chip dari mana (bahan baku dari luar negeri). Tapi Peruri rencana memiliki end to end paspor, fasilitas dilakukan oleh Peruri dan maka penting juga untuk tingkatkan TKDN," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat