androidvodic.com

MIND ID Perkuat Kesetaraan Gender di Industri Tambang - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) mengakui pentingnya peran pengarusutamaan gender dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memberikan peluang yang sama bagi semua pegawai tanpa memandang gender.

Perseroan serta terus berupaya membangun budaya perusahaan yang mendukung peran wanita dalam sektor pertambangan dan mineral.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, pihaknya berkomitmen menjunjung tinggi nilai inklusi dan keberagaman dalam pengelolaan sumber daya manusia.

"Pertambangan selama ini memang dikenal sebagai industri yang didominasi oleh kaum pria namun, industri pertambangan terus berkembang semakin inklusif sehingga semakin banyak perempuan yang berpartisipasi di industri pertambangan," kata Heri dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024).

Meskipun sektor industri pertambangan dan logam identik dengan sektor yang didominasi oleh pria, namun Perseroan membuka peluang sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin bergabung, berkarya.

Grup MIND ID beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah Tbk.

Sebanyak 10 persen pegawai di Grup MIND ID merupakan wanita dengan 16,22 persen di antaranya menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris ataupun direksi Grup MIND ID.

Baca juga: Kemenko Marves Soroti Pentingnya Life Cycle Assesment di Industri Tambang

Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan Mind ID, Selly Adriatika berbagi cerita tentang perannya sebagai perempuan pejabat di induk perusahaan tambang milik negara serta peran perempuan secara umum.

“Di industri pertambangan saat ini, perempuan memiliki kesempatan berkarier jauh lebih besar dibanding sebelumnya, selama memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam berkarya,” kata Selly.

Selly percaya bahwa budaya perusahaan yang menghormati keragaman, kesetaraan, dan inklusi atau diversity, sangat penting untuk inovasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Minat Masih Rendah, Industri Tambang Dorong Peran Perempuan Aktif di Sektor Ekstraktif

“Inovasi teknologi mempermudah perempuan dalam menjalankan tugas dan memberi nilai tambah untuk Indonesia,” ucapnya.

Kepala Divisi Human Capital Management MIND ID, Inesyahana Assrifa mengatakan, perseroan terus mendukung kesejahteraan gender bagi perempuan agar bisa memiliki kesempatan berkarier yang sama seperti kaum pria.

“Dengan terus mengedepankan kesetaraan gender, kami proaktif menjaring serta memgembangkan talenta terbaik di industri pertambangan Indonesia,” kata dia.

Inesyahana menekankan, seluruh karyawan harus memiliki 3 key behavior yaitu Agile, Going Extra Miles dan Accountable. Di mana para Insan MIND ID harus mampu selalu beradaptasi dengan tantangan baru untuk berinovasi dan bergerak maju (Agile).

Selain itu, memiliki semangat untuk bekerja keras, berinovasi sesuai target atau bahkan melebihi target (Going Extra Miles) dan memiliki tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan yang berlaku (Accountable).

“Ketiga hal tersebut merupakan perilaku kunci dari talenta untuk terus mendukung perusahaan berkompetisi di skala global demi Indonesia Emas 2045,” cetusnya.

Caption : MIND.ID berupaya membangun budaya perusahaan yang mendukung peran wanita dalam sektor pertambangan dan mineral (IST)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat