androidvodic.com

Tinjau Pembangunan Hotel Nusantara dan Plaza Seremoni di IKN, Sandiaga Uno: Awal Agustus Beroperasi - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan fasilitas pendukung parekraf di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diproyeksikan selesai pada akhir Juli atau awal Agustus 2024.

Hal itu ia sampaikan ketika meninjau progres pembangunan fasilitas pendukung parekraf seperti Hotel Nusantara dan Plaza Seremoni di IKN Nusantara.

Sandiaga memulai peninjauan dari Rumah Tapak Jabatan Menteri yang memiliki luas lahan 1.000 meter dan luas bangunan 580 meter.

Dia bilang, rumah ini didesain sangat fungsional di setiap ruangnya.

Baca juga: Menteri Bahlil Siapkan Karpet Merah untuk Investasi Sukanto Tanoto di IKN

"Tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Ini sudah kita pastikan juga mengacu pada prinsip-prinsip keberlanjutan," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (1/5/2024).

Ia kemudian bergerak menuju lokasi pembangunan Hotel Nusantara yang dilengkapi kurang lebih 190 kamar.

Hotel Nusantara ini akan menjadi hotel pertama di kawasan IKN yang menunjang aktivitas parekraf.

Lokasi selanjutnya yang dikunjungi oleh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu adalah Plaza Seremoni.

Plaza Seremoni akan menjadi area terbuka dari pusat aktivitas pemerintahan IKN.

Plaza Seremoni terletak di sisi selatan Istana Kepresidenan, Wetland Park, Visitor Center, Ceremonial Lawn, Mini Amplitheater, hingga Gerai Produk Ekonomi Kreatif.

"Setelah kita meninjau tadi beberapa fasilitas parekraf, bisa kita pastikan insya Allah di akhir Juli atau awal Agustus siap dioperasikan," ujar Sandiaga.

Ia juga memastikan fasilitas sentra ekonomi kreatif akhir Juli atau awal Agustus bisa difungsikan.

"Sehingga, UMKM lokal bisa mulai berkreasi dan memulai pelatihan dan pendampingan agar nanti pas acara besar pada 17 Agustus mereka sudah siap," pungkas Sandiaga

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia rencananya akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat