androidvodic.com

Cegah Inflasi, DPR Minta Pemerintah Segera Kembalikan ke HET Beras Lama - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto berpendapat kebijakan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras bisa memicu inflasi dan merusak perekonomian Indonesia.

Karena itu, Hermanto meminta agar HET yang lama dipertahankan. Caranya, lanjut dia, Badan Pangan Nasional membuat strategi pengadaan sebanyak mungkin stok beras dalam negeri.

"Dengan membeli beras petani dan mendorong pengadaan pupuk yang murah bagi petani, tepat waktu serta perbaikan irigasi oleh pemerintah," ujar Hermanto, Jumat (3/5/2024).

Bapanas belum lama ini memberlakukan relaksasi HET untuk beras premium 10-23 Maret 2024. Angkanya dari semula Rp13.900 per kg menjadi Rp14.900 per kg. Relaksasi HET kemudian diperpanjang hingga 24 April 2024. Setelah itu diperpanjang lagi hingga 31 Mei 2024.

Relaksasi berlaku juga untuk HET beras medium, semula Rp10.900 per kg menjadi Rp12.500 per kg. Relaksasi HET beras medium ini berlaku sejak 24 April hingga 31 Mei 2024.

Atas relaksasi HET beras premium, Hermanto menanggapi, target konsumen beras premium adalah masyarakat berpenghasilan menengah ke atas.

"Bila perpanjangan relaksasi HET beras premium dengan sasaran masyarakat tersebut dengan maksud memberi margin yang besar bagi petani maka hal itu dapat dipahami demi pemerataan pendapatan," kata Hermanto.

Namun, lanjutnya, bila HET beras medium diperpanjang masa relaksasinya maka akan berdampak pada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang jumlahnya sangat besar. Sehingga dapat memperlemah daya beli masyarakat.

Baca juga: Usai Libur Lebaran, Harga Beras Hingga Cabai Turun, Bawang Putih Rp 43.220 Per Kg

"Penerapan kebijakan relaksasi HET beras medium perlu sangat hati-hati ditengah kondisi ekonomi yang berat dan penghasilan masyarakat yang tidak mengalami peningkatan," imbuh Hermanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat