androidvodic.com

Semakin Luas, Adopsi AI Bisa Digunakan Banyak Sektor Industri - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

News, JAKARTA - Adopsi Teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini terus didorong oleh Pemerintah RI agar makin luas digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Hal ini dilakukan dengan tujuan memperluas aksesibilitas para pengguna kecerdasan buatan generatif atau Generative Artificial Intelligence (Gen AI) sebagai asisten sebuah profesi.

Menurut CEO dan Founder PT Innovation Cloud Services (ICS) Compute Budhi Wibawa, dengan teknologi Gen Ai, para pengguna dapat menciptakan tulisan, gambar, atau berbagai tugas yang hanya bisa diselesaikan dengan orang berketerampilan khusus.

“Maka dengan mengadopsi Ai, inovasi teknologi dapat terasa manfaatnya oleh berbagai profesi. Misalnya para Programmer yang saat ini menggunakan platform Gen Ai untuk menjawab bugs yang error pada source code, hingga detail bagaimana cara fiksasinya,” jelas Budhi dalam acara makan siang bersama media di kawasan Senayan City, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, teknologi GenAi dapat diperintah untuk menghasilkan berbagai kode program yang sesuai dengan konteks yang sedang dikerjakan oleh developer dan mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton, Nodejs, PHP, Golang.

Aplikasi GenAi, lanjut Budhi, yang gratis dan bisa diakses secara bebas oleh masyarakat tentu saja memiliki permasalahan seperti privasi atau kerahasiaan dan toxicity atau ancaman berbasis siber.

“Ancaman ini cukup menjadi hambatan dalam bekerja khususnya bagi para Programmer di industri yang memiliki regulasi Compliance dan Security,” jelasnya.

Baca juga: Adopsi AI Generatif Diprediksi Melonjak di 2024, Ada 3 Tren Teknologi yang Jadi Pendorongnya

ICS Compute berkolaborasi dengan Tabnine, Code Assistant berbasis Gen AI pertama di dunia, menghadirkan solusi yang menyajikan pendekatan baru dalam pengembangan perangkat lunak, yaitu sebuah Software GenAi yang mengedepankan efisiensi, sisi compliance, dan keamanan data.

“Software AI yang bernama Redpumpkin AI Coding Assistant regional Jakarta ini resmi dibuka untuk membantu para developer lokal agar dapat berkarya lebih efektif dan comply terhadap aturan yang ada. Hasil kolaborasi ini juga menjadi bukti keseriusan kami dalam mengadopsi Gen AI ke dalam portfolio yang kami miliki,” katanya.

Baca juga: Kerja Sama dengan Kampus, Alibaba Cloud Kenalkan Inovasi AI Generatif Terbaru

Budhi juga mengatakan, Redpumpkin AI Coding Assistant dapat meningkatkan produktivitas waktu programmer hingga 20-25 persen secara keseluruhan.

Software Gen AI ini juga bekerja dengan kualitas tinggi, lebih cepat dan efisien, tanpa mengorbankan privasi atau keamanan data.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat