androidvodic.com

Kerja Sama dengan Kampus, Alibaba Cloud Kenalkan Inovasi AI Generatif Terbaru - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Alibaba Cloud memperkenalkan produk AI generatif terdepan yang dirancang untuk memberdayakan pelaku bisnis lokal agar dapat memanfaatkan peluang pertumbuhan di lanskap AI yang berkembang pesat.

Alibaba Cloud juga memperkenalkan pelatihan AI terkini untuk memberdayakan tenaga kerja lokal melalui kecanggihan kapabilitas AI.

Program ini diperkenalkan di Alibaba Cloud Associate - Generative AI Training dengan menjalin kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk mencetak talenta digital yang menguasai skill AI.

Baca juga: Bank Mandiri: Teknologi AI Menciptakan Peluang Efisiensi Ekonomi Tapi Juga Risiko

"Kami berkomitmen membawa produk dan teknologi terdepan yang teruji, khususnya yang diperkaya dengan kemampuan AI generatif, ke pasar Indonesia. Kami memungkinkan pelanggan kami mengadopsi inovasi dan membuka jalur baru untuk pertumbuhan," kata Sean Yuan, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, di acara media briefing Strategi Bisnis Alibaba Cloud Indonesia 2024, Selasa, 20 Februari 2024.

Dia mengatakan, Alibaba Cloud hadir Indonesia sejak 2016 dengan menawarkan infrastruktur cloud yang tangguh dan aman, portofolio produk yang kuat, dan ekosistem dinamis yang mencakup mitra lokal, startup, dan pengembang.

Rangkaian teknologi AI generatif baru yang diperkenalkan di Indonesia kali ini mencakup:

  1. PAI-EAS untuk mengurangi biaya inferensi model AI: Platform AI-Elastic Algorithm Service (EAS) mendukung alokasi sumber daya komputasi sesuai permintaan, dan mengurangi biaya inferensi model AI hingga 50 persen dibandingkan dengan model tradisional. Layanan nirserver ini akan mendukung penerapan LLM open-source terkenal dan model AI ModelScope dari Alibaba, melayani tugas seperti segmentasi gambar, pembuatan rangkuman, dan pengenalan suara.
  2. Enterprise RAG diluncurkan untuk meningkatkan akurasi hasil dari model: Para pelanggan dapat memanfaatkan proses dari Retrieval-Augmented Generatio (RAG) Enterprise, Alibaba Cloud, bersama dengan vector engine dan layanan pelatihan LLM untuk menyempurnakan LLM mereka sendiri untuk akurasi spesifik-domain yang lebih baik dan lebih hemat biaya.
  3. Integrasi Vector Engine untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi Gen AI yang disesuaikan: Gudang data Alibaba Cloud Hologres, dan layanan pencarian Elasticsearch dan OpenSearch, akan diperkaya dengan teknologi pencarian vektor terbaru di Indonesia.

Integrasi ini memfasilitasi akses bisnis Indonesia ke LLM yang berbeda dan penciptaan aplikasi AI generatif yang disesuaikan untuk membantu bisnis dapat membuka lebih banyak potensinya.

Alibaba Cloud juga meluncurkan platform keberlanjutan Energy Expert untuk membantu pelanggan mengukur, menganalisis, dan mengelola emisi karbon.

Di sektor layanan kesehatan, Alibaba Cloud memperkenalkan solusi kesehatan baru yang dikembangkan bersama mitra lokal yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses operasional di sektor kesehatan melalui inovasi cloud dan digital.

Di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjalin kemitraan dengan sejumlah universitas ternama seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Manadalika, dan Universitas Pelita Harapan.

Kolaborasi ini memfasilitasi integrasi komputasi cloud dan kursus-kursus yang berpusat pada AI ke dalam kurikulum mereka demi mendukung tujuan strategis negara dalam mengembangkan tenaga kerja terampil yang tangguh dan kompetitif di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat