androidvodic.com

AHY Setuju Integrasi Data Kementerian ke PDN Asal Keamanan Digitalnya Terjamin - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan, setuju terkait dengan wacana akan terintegrasi nya keamanan data kementerian ke Pusat Data Nasional (PDN) Kemenkominfo.

Dia bilang, data di semua kementerian dan lembaga memang akhirnya akan dipusatkan berdasarkan aturan yang akan dikeluarkan menkominfo.

"Jadi memang tujuan akhirnya semua pemerintahan baik pusat maupun daerah terintegrasi dalam data yang bisa diakses lebih mudah oleh semua," kata AHY saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Kendati demikian, dia menegaskan, perlunya dibangun keamanan digital yang lebih kuat lagi.

Jangan sampai, setelah semua data kementerian lembaga dipusatkan di PDN justru menimbulkan masalah karena kerentanan keamanan digital seperti yang terjadi saat ini.

"Tapi juga harus dibangun terlebih dahulu keamanan digitalnya. Tadi juga diingatkan oleh DPD RI jangan sampai tujuannya baik tapi karena tidak kuat pengamanannya malah menjadi masalah," tegas AHY.

Kendati saat ditanyakan soal ada atau tidaknya permasalahan gangguan data yang dialami Kementerian ATR/BPN atas peretasan PDN kemarin, AHY menyebut sejauh ini tidak ada.

Baca juga: Mengklaim Sebagai Peretas Server PDN, Pelaku Minta Maaf dan Janji Pulihkan Rabu Esok

Pasalnya hingga hari ini, Kementerian ATR/BPN kata AHY, masih memiliki pusat data tersendiri tanpa tergabung dengan PDN Kominfo.

"Karena belum terintegrasi rasanya belum ada ya secara khusus yang merupakan data kami," tandas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat