androidvodic.com

Meroket 123,6 Persen, MPXL Raih Laba Bersih Rp 4,08 Miliar di Kuartal I 2024 - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News - PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) mencatatkan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 4,08 miliar pada kuartal pertama 2024.

Angka ini tumbuh 123,6 persen dibandingkan dengan capaian laba bersih konsolidasi kuartal pertama 2023 sebesar Rp 1,82 miliar.

Direktur Utama MPXL Wijaya Candera mengatakan, kenaikan laba bersih tersebut sejalan dengan meningkatnya pendapatan material dan jasa angkut yang berlokasi di proyek Ibu Kota Nusantara. Selain itu pendapatan perseroan ditopang oleh meningkatnya pengangkutan limbah batubara PLTU (FaBa).

Wijaya Candera menyebutkan, sepanjang kuartal I-2024 MPXL mencatatkan Pendapatan bersih konsolidasi mengalami kenaikan sebesar 60,24 persen secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 45,42 miliar pada kuartal 1/2024 dibandingan sebelumnya sebesar Rp 28,3 miliar pada kuartal 1/2023.

Baca juga: Bus Putra Sulung Ditabrak KA Ekspres Rajabasa di Sumsel, Sopir dan Kernet Bus Langsung Kabur

Pertumbuhan ini ditopang kenaikan pendapatan jasa angkut sebesar 149,21 persen menjadi Rp 24,8 miliar pada kuartal 1/2024 dibandingan sebelumnya sebesar Rp 9,9 miliar pada kuartal 1/2023 serta adanya pertumbuhan penjualan material sebesar 12,1 persen menjadi Rp 20,6 miliar kuartal 1/2024 dibandingan sebelumnya sebesar Rp 18 miliar pada kuartal 1/2023.

Wijaya menambahkan, ke depannya, MPXL masih akan berfokus pada segmen perdagangan Material dan jasa angkut yang menjadi core business Perseroan, dengan terus melakukan pengembangan transportasi logistik lainnya seperti fly ash, bottom ash, clinker, lime stone, dan coal.

MPXL Tambah 50 Truk Tronton

Tahun ini perseroan telah menambah 50 unit armada truk tronton baru untuk memenuhi kenaikan permintaan angkutan dari kontrak bisnis jangka panjang perseroan.

Menurut Wijaya Candera, armada baru tersebut akan diproyeksikan untuk meningkatkan pendapatan sebesar 50 milliar, sehingga target perusahaan sebesar 222 milliar di tahun 2024 dapat tercapai.

Selain untuk memacu pendapatan, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor angkutan dan logistik.

Melalui anak usahanya, MPX Indorental Gemilang, perseroan juga menjalin kemitraan strategis dengan kontrak selama 5 tahun kedepan dengan perusahaan Power China dalam menyediakan alat berat untuk dioperasikan di dalam area tambang batu andesit di Palu, Sulawesi Tengah.

Perseroan juga menjajaki jasa angkut batu Andesit dari pertambangan tersebut dengan kapal tongkang untuk di kirim ke Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat