androidvodic.com

Ajak Youtuber Korea ke Hotel, Kepala Bandara Sangia Nibandera Dibebastugaskan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membebastugaskan Asri Damuna Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara buntut kasus viral yang mengajak YouTuber Korea Selatan bernama Jiah ke hotel.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pembebastugasan ini dilakukan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait video Asri yang tengah viral.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Adita dalam keterangannya, Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Tampang Asri Damuna, Pejabat Kemenhub yang Ajak YouTuber Korea Mampir ke Hotel

Menurut Adita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, lanjut Adita pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," ujar Adita.

Selain itu, Adita berharap kasus serupa tidak terulang kembali di kemudian hari. Dia juga meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjaga etika sebagai pegawai pemerintah.

"Kemenhub berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami meminta kepada seluruh ASN agar dapat menjaga marwah dan etika baik sebagai pegawai pemerintah," tegasnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan, sosok pria yang mengajak Jiah seorang YouTouber Korea Selatan ke hotel adalah Asri Damuna Kepala Bandar Udara Sangia Nibandera, Kolaka Sulawesi Tenggara.

"Memang yang bersangkutan Kabandara Sangia Nibandera Kolaka, Sultra," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni, saat dihubungi News, Jumat (10/5/2024).

Kristi mengatakan, saat ini Kementerian Perhubungan tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut menyoal kasus tersebut.

Baca juga: Kemenhub Periksa Pegawainya Viral Ajak YouTuber Korea Main ke Hotel, Jika Terbukti Akan Disanksi

"Saat ini sedang proses pemeriksaan dan klarifikasi oleh Ditjen Hubud," tutur Kristi.

Kronologi Asri Domuna ajak YouTuber Korea ke Hotel

Seorang YoTuber asal Korea Selatan bernama Jiah mengunggah video yang berjudul 'Menjadi Teman dengan Para Om ke Bunaken dari Mando'. Dalam video tersebut, dia tiba-tiba dihampiri oleh dua orang pria saat tengah makan di sebuah restoran di Manado, Sulawesi Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat