androidvodic.com

Libur Panjang, Penumpang KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Tembus 125 Ribu Orang - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia mencatat volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan pada libur akhir pekan dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan, sekitar 125 ribu tiket lebih telah dipesan untuk periode keberangkatan 8 sampai dengan 12 Mei 2024.

Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada Kamis 9 Mei 2024. Total terdapat sekitar 35.664 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

Baca juga: Jasa Marga Catat 164 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada H-1 Periode Libur Panjang

Dari jumlah tersebut 17.419 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.748 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya 5 ribu lebih penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota.

"Adapun jumlah penumpang berangkat pada moment libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat lebih jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa," ungkap Ixfan dalam keterangannya, Jumat (10/5/2024).

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kereta api pada moment libur panjang ini, Mulai tanggal 8 Mei 2024 KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa KA tambahan.

Yaitu Argo Cheribon relasi Gambir - Cirebon pp, Argo Parahyangan Gambir - Bandung PP, Taksaka Tambahan relasi Stasiun Gambir - Yogyakarta pp dan Manahan Gambir - Yogyakarta pp.

Ixfan mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024.

Baca juga: KAI Berikan 7 KA Tambahan Spesial Libur Long Weekend, Simak Daftar dan Rute Keberangkatannya

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” kata Ixfan.

KAI Daop 1 Jak berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website KAI, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat