androidvodic.com

Strategi Perumahan Rakyat Pemerintah Topang Geliat Pasar Properti di 2024 - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Kebijakan moneter baru dan strategi perumahan yang dijalankan pemerintah diperkirakan akan mendorong geliat pasar properti lebih kuat di tahun 2024 ini.

Proses Pemilu yang telah selesai dan berjalan lancar memberi kepastian pada arah kebijakan pemerintahan baru di sektor properti.

Diantaranya adalah diumumkannya rencana ambisius membangun tiga juta rumah di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan perumahan di pedesaan, perkotaan, dan pesisir.

Baca juga: Pengusaha Usul Ada Menteri yang Fokus Urus Properti di Kabinet Prabowo

Pemerintahan sebelumnya telah meluncurkan serangkaian langkah yang diharapkan dapat menghidupkan kembali sektor perumahan, termasuk jeda baru untuk pembelianproperti dan pelonggaran persyaratan bagi pembeli properti asing yang telah lama ditunggu-tunggu.

Pasar properti juga ditopang oleh penyelesaian proyek infrastruktur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Reformasi agraria juga diperkirakan akan memberikan dampak positif pada sektor properti.

Direktur Jenderal Pengelolaan Agraria, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Dalu Agung Darmawan mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan sektor properti di Indonesia, khususnya pada masa bonus demografi tahun 2045, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berencana melaksanakan reforma agraria untuk mempersempit kesenjangan kepemilikan properti, mendorong kesetaraan sosial ekonomi di kalangan masyarakat secara keseluruhan.

“Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan sektor properti di Indonesia, khususnya pada masa bonus demografi tahun 2045,” ujarnya di acara diskusi yang merupakan rangkaian dari PropertyGuru Asia Property Awards di Jakarta.

Baca juga: IHSG Melemah ke Level 7.097, Saham Sektor Properti Jadi Pemberat

Industri properti Indonesia memiliki potensi membaik karena pasar akan memperoleh manfaat dariserangkaian usulan perubahan, menurut para pembicara di acara diskusi bertajuk Indonesia CEO & Leaders Forum 2024 ini.

PropertyGuru Asia Property Awards 2024 dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 23 Agustus 2024 di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Pengajuan usulan kandidat penerima awards dari industri dan masyarakat kini diterima hingga 31 Mei 2024.

Tim panel juri melakukan peninjauan lokasi pada 17 Juni - 19 Juli dilanjutkan penjurian akhir pada bulan Juli 2024.
Pada 13 Desember 2024 akan digelar Presentasi Gala Grand Final Regional di Bangkok, Thailand.

Pada edisi ke-10, PropertyGuru Indonesia Property Awards melakukan diversifikasi dengan kategori-kategori baru dan memberikan penghargaan kepada lebih banyak pribadi berprestasi di industri real estat. Total ada 80 kategori penghargaan yang mencakup perusahaan, desain, dan proyek luar biasa dari Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat