androidvodic.com

Presiden Jokowi Akan Bertemu Elon Musk di World Water Forum ke-10 di Bali - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir membuka pertemuan forum air terbesar dunia atau World Water Forum ke-10.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Jokowi akan membuka acara yang digelar pada 18—25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali itu.

Selain membuka, Luhut mengatakan Jokowi juga akan merealisasikan kerja sama dengan pemerintah Uni Emirat Arab.

Baca juga: Menghadap ke Jokowi di Istana, Sri Mulyani Laporkan Soal Masalah di Bea Cukai

Kerja sama itu melalui groundbreaking pembangunan Pusat Penelitian Mangrove atau International Mangrove Research Center (IMRC) di Pulau Kura Kura.

“Presiden akan hadir. Detail acaranya juga sudah siap semua. Nanti sekaligus juga akan groundbreaking di Pulau Kura Kura,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

Luhut juga mengungkapkan bahwa Jokowi bersama Elon Musk yang turut hadir di World Water Forum akan sekaligus meresmikan layanan internet berbasis satelit Starlink.

Layanan itu akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia khususnya daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Elon Musk juga akan turut berbicara pada pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali,” ujar Luhut.

Sebagai informasi Pusat Penelitian Mangrove Internasional (IMRC) bertujuan untuk membantu meningkatkan penelitian, inovasi dan pertukaran pengetahuan mengenai mangrove di level global.

Inisiatif ini sejalan dengan Mangrove Breakthrough yang disepakati dalam KTT Aksi Iklim Dunia COP28 pada 2 Desember 2023 lalu.

Pendirian IMRC di Bali diharapkan dapat mendukung berbagai inisiatif restorasi dan konservasi mangrove di Indonesia.

Contohnya, proyek Mangrove untuk ketahanan pesisir, yang berfokus pada penguatan kebijakan dan lembaga dalam mengelola dan merehabilitasi mangrove secara berkelanjutan dan meningkatkan berbagai peluang mata pencaharian bagi masyarakat pesisir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat