androidvodic.com

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pelaku UMKM Didorong Optimalkan Teknologi Digital - News

Laporan wartawan News Taufik Ismail

News, JAKARTA - Para pelalu UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) didorong mengoptimalkan ruang digital atau teknologi digital di tengah persaingan usaha yang makin ketat.

Secara makro, langkah itu nantinya diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal itu disampaikan para pembicara dalam webinar Forum Literasi Digital dengan tema “Optimalisasi Ruang Digital Bagi UMKM” yang digagas Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dan Ditjen APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis (16/5/2024).

Meutya Hafid selaku mengatakan, salah satu alasan webinar ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kesadaran UMKM untuk memanfaatan ruang digital yang dapat memberikan berbagai manfaat yang signifikan.

“UMKM mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan mampu menyerap tenaga kerja," ujar Meutya Hafid.

Dipaparkannya, dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, mendapatkan modal usaha lebih mudah dan menjadi lebih kompetitif.

"Oleh karena itu, sudah saatnya UMKM memanfaatkan ruang digital secara maksimal untuk menjadikan bisnisnya lebih sukses dan berkelanjutan.” tuturnya.

Baca juga: Nggak Capai Target, Pemerintah Tunda Wajib Sertifikasi Halal Bagi UMKM Hingga 2026

Fedri Ramadhani selaku Ceo Kakoto Reflexology & Mgi Academy membenarkan perihalnya banyaknya manfaat dari ruang digital bagi UMKM.

“Dengan adanya platform digital, UMKM dapat memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen yang berada di berbagai wilayah, bahkan di luar negeri. Hal ini tentu akan memberikan peluang bisnis yang lebih luas dan dapat meningkatkan omset penjualan," ujar Fahri.

“Namun, untuk dapat mengoptimalkan ruang digital, UMKM perlu memiliki kemampuan dan pengetahuan teknologi yang memadai,” tambahnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Bertemu Elon Musk di World Water Forum ke-10 di Bali

Sementara itu, Founder Ciptani mengatakan UMKM Reza Nugroho menyatakan, perlu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai cara memanfaat teknologi yang baik dan benar.

“Diperlukan pelatihan dan pendampingan yang intensif agar UMKM dapat memahami dan mengimplementasikan teknologi digital dengan baik,” kata Reza.

"Selain itu, juga perlu adanya dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM serta inisiatif dari pelaku bisnis untuk memanfaat ponsel kita mencari berbagai macam pelatihan yang saat ini sudah banyak disediakan, baik dari pemerintah maupun lembaga-lembaga tertentu," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat