androidvodic.com

Wapres Maruf Amin Bakal Buka Gelaran Intelligent Transport System Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin bakal membuka gelaran Intelligent Transport System Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta pada 28 hingga 30 Mei 2024.

"Pertemuan ini direncanakan akan dibuka oleh Wapres RI, dan akan dihadiri menteri transportasi negara-negara di kawasan Asia Pasifik, para kepala daerah, dubes negara asing di Jakarta, serta pimpinan organisasi internasional BUMN BUMD serta sektor swasta," ujar Menhub dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Gelaran yang bertemakan "Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility" ini mempertemukan stakeholders, experts, pemangku kebijakan, dan industri. Forum ini juga sebagai tempat pengembang teknologi saling bertukar ide, berbagi inovasi, serta mendiskusikan kemajuan terbaru dalam ITS.

Baca juga: Transportasi IKN Adopsi Konsep Smart City, Jadwal Moda Angkutan Umum Terkoneksi ke Smartphone

"Pada pertemuan ini akan dilakukan pertukaran pengetahuan, berbagi pengalaman, praktik, dan pelajaran terkait penerapan ITS di negara-negara Asia Pasifik, termasuk mengeksplorasi mekanisme pendanaan dan investasi dalam penerapan ITS di Asia Pasifik untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan," ujar Menhub Budi.

Bahkan, Menhub Budi bakal memamerkan konsep pembangunan transportasi cerdas serta ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam gelaran tersebut.

"IKN diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas, integrasi dan berkelanjutan melalui penerapan sistem Area Traffic Control, Electronic Toll Collection, Bus Rapid Transit, Autonomous Rail Rapid Transit," tutur Budi.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, gelaran ITS Asia Pacific Forum ini menjadi momentum bagi Indonesia utamanya di sektor transportasi. Dia pun menyontohkan pembangunan konsep transportasi cerdas yaitu di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal dilirik oleh banyak audience dalam forum tersebut.

"Saya rasa itu juga nantinya pasti akan ditunggu banyak pihak ya, khususnya oleh masyarakat internasional akan seperti apa ITS itu dikembangkan di IKN," jelas Adita.

Sedangkan Presiden ITS Indonesia William Sabandar mengatakan, forum ini akan meluncurkan "Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility". Ini merupakan kerja sama antar pemangku kepentingan dunia usaha dalam negeri yang diwakili KADIN Indonesia, asosiasi transportasi yang diwakili ITS Indonesia dan ITS Asia Pacific, juga aliansi masyarakat sipil global yang diwakili the 5P Global Movement.

"Forum ini harus menjadi momentum bagi pemangku kepentingan transportasi di Indonesia untuk terus melakukan transformasi ke arah yang lebih baik. Inisiatif ini juga menandakan langkah konkret dari pernyataan bersama yang disepakati yaitu percepatan pengembangan dan penerapan solusi ITS di Indonesia, untuk membuka jalan bagi pembangunan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien," ujar William.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat