androidvodic.com

KB Bank dan PT INKA Multi Solusi Perkuat Kemitraan untuk Dorong Pertumbuhan Industri Perkeretaapian - News

News -  KB Bank (IDX: BBKP) kembali melanjutkan kerja sama yang sebelumnya telah berjalan dengan PT INKA Multi Solusi (PT IMS) untuk mengembangkan ekosistem bisnis melalui kolaborasi dalam pembiayaan vendor (vendor financing).

PT INKA Multi Solusi (PT IMS), anak perusahaan PT Industri Kereta Api (Persero) yang bergerak dalam jasa manufaktur produk perkeretaapian dan transportasi darat, berkomitmen untuk mendorong peningkatan skala usaha mitra-mitranya. Hal ini termasuk dalam memfasilitasi vendor-vendor PT IMS untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan dan transaksi keuangan dari KB Bank.

Penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan di Banking Hall, Kantor Pusat KB Bank pada hari Senin tanggal 27 Mei 2024 ini dihadiri oleh para perwakilan dari KB Bank, yaitu Wakil Direktur Utama; Robby Mondong, Direktur Bisnis UKM & Wholesale; Yohanes Suhardi, Kepala Divisi Bisnis Baru; Gi Tae Park, Kepala Divisi Bisnis Corporate; Feisel Martha, Kepala Departemen Pinjaman Corporate I; Yupiter Simbolon dan Kepala Departemen Pengembangan Bisnis Wholesale & Solusi Bisnis Baru; Andrian Nursin. 

Sementara perwakilan dari pihak PT Industri Kereta Api (Persero) turut hadir Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko; Andy Budiman dan perwakilan dari PT IMS yaitu Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko; Muhammad Gufron Fadly, Kepala Divisi Keuangan; Dini Martia Prastiti, serta Kepala Departemen Pendanaan dan Perbendaharaan; Dewi Ayu Nuraini.

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Otomotif, KB Bank dan Daimler Indonesia Jalin Kerja Sama Dealer Financing

Sebelumnya, KB Bank dan PT IMS telah menandatangani kerja sama fasilitas pembiayaan untuk proyek pemesanan kereta, Pertashop, dan bus listrik di tahun 2023.

Sinergi antara keduanya kemudian terus berkembang. Hal ini mencakup akses ke berbagai solusi pendanaan seperti fasilitas Letter of Credit (LoC), Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), Kredit Modal Kerja, Bank Garansi, serta Pinjaman Rekening Koran (PRK) dalam rangka proyek pemesanan kereta, pertashop, dan bus listrik.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan, “Kolaborasi kami dengan PT IMS adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk tumbuh bersama nasabah-nasabah kami, sesuai dengan tagline kami yaitu ‘Kita Bisa karena Bersama,’ kami percaya bahwa pertumbuhan berkelanjutan hanya dapat dicapai melalui kolaborasi dan sinergi yang solid.”

Saat ini, sektor transportasi darat di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dan dianggap sebagai salah satu sektor yang potensial. Berbagai infrastruktur transportasi darat, termasuk perkeretaapian, menjadi fokus utama pemerintah Indonesia dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

KB Bank turut mendukung agenda strategis pemerintah dengan berpartisipasi dalam mengembangkan produk-produk yang menyediakan solusi pembiayaan bagi industri terkait.

Baca juga: KB Bank Dorong Swasembada Pangan Melalui Penyaluran Fasilitas Pembiayaan Kredit ke Petani Tebu

Seperti yang diketahui, KB Bank telah mengimplementasikan berbagai inovasi dan solusi pembiayaan untuk industri transportasi melalui dealer financing bagi kendaraan penumpang hingga kendaraan niaga, serta kendaraan listrik dan alat berat. 

Tidak terbatas pada satu sektor industri, tahun ini KB Bank juga terus berupaya untuk mengembangkan berbagai inovasi solusi pembiayaan di sektor-sektor potensial lainnya seperti pertanian, perikanan, perdagangan, jasa pengolahan, dan sektor lainnya. 

Baru-baru ini, KB Bank juga telah memberikan fasilitas pembiayaan kredit kepada para petani tebu. Hal ini merupakan suatu langkah dari KB Bank untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat