androidvodic.com

APEKSI dan Elitery Siapkan Teknologi AI Generatif untuk Pemerintah Kota - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan perusahaan penyedia layanan IT managed service Elitery menjalin kerjasama penyediaan teknologi AI generatif (gen AI) untuk pemerintah kota di Indonesia.

Didukung status sebagai Managed Service Provider (MSP) Google Cloud, Elitery menggunakan kemampuan AI generatif Google Cloud untuk mendukung penerapan smart city di Indonesia.

Menurut Direktur Utama Elitery Kresna Adiprawira menyampaikan kolaborasi ini menandai tonggak penting dalam perjalanan transformasi digital kota-kota di Indonesia.

Baca juga: Dukung Transformasi Digital Perusahaan, Elitery Jadi Google Cloud MSP di Indonesia

Perusahaannya akan mengintegrasikan solusi AI generatif dalam kerangka kerja tata kelola kota untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya, serta meningkatkan layanan warga guna mendorong kota menuju tata kelola lebih efektif dan responsif.

"Kami bekerja sama dengan APEKSI guna memperkenalkan teknologi AI generatif mutakhir bagi pemerintah kota di Indonesia merupakan langkah strategis Elitery untuk mendukung perkembangan smart city di Indonesia," kata Kresna dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu, 29 Mei 2024.

Dia menjelaskan, solusi AI generatif yang dimiliki saat ini serta didukung kemampuan AI generatif dari Google Cloud, akan mampu membekali pemerintah kota dengan solusi inovatif guna mengatasi tantangan perkotaan yang kompleks dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Solusi AI generatif Elitery dan Google Cloud memungkinkan pemerintah kota untuk memproses dan menganalisis kumpulan data yang luas, menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan menerapkan strategi berbasis data yang meningkatkan perencanaan kota, pengelolaan infrastruktur, dan keselamatan publik.

Baca juga: Elitery Akan Bagikan Dividen Tunai dan Siapkan Buyback Saham Tahun ini

"Solusi berbasis AI ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi sistem pemerintahan, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan," ujar Kresna.

Country Director Google Cloud Indonesia Fanly Tanto menjelaskan, solusi AI generatif dari Elitery dengan dukungan Google Cloud akan memainkan peran kunci dalam memajukan Visi Indonesia Digital 2045.

"Dengan meningkatkan jangkauan dan dampak kemampuan AI generatif kami yang dipadukan dengan keahlian Elitery dalam layanan IT managed services, kami dapat memberdayakan kota untuk memanfaatkan potensi penuh AI dan meningkatkan layanan bagi masyarakat Indonesia di seluruh negeri," ujar Fanly.

Baca juga: Elitery Raih Google Cloud Public Sector Partner of the Year Asia Pasifik

Elitery menjadi Google Cloud Public Sector Partner of the Year selama dua tahun berturut-turut di 2023 dan 2024 dari Google.

Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam menambahkan kolaborasi ini sebagai langkah maju yang signifikan dalam misi Apeksi mengembangkan kota lebih cerdas dan layak huni di seluruh Indonesia.

Menurut dia, kemitraan dengan Elitery dan memanfaatkan teknologi AI generatif, memungkinkan asosiasinya menyediakan pemerintah kota dengan alat penting untuk mendorong inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan pelayanan publik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat