androidvodic.com

Di Hadapan Anggota DPR, Bos PLN Sebut Mau Ubah 2.000 Tiang Listrik Jadi Tempat Charger Mobil Listrik - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana untuk mengubah sedikitnya sebanyak 2.000 tiang listrik menjadi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan, terobosan itu merupakan upaya Perseroan dalam mendorong terbangunnya infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Tanah Air.

"Ini inovasi kami dimana kami mengubah, memanfaatkan tiang listrik PLN yang berbasis baja maupun beton sehingga bisa mengubah atau menambah fitur di dalam tiang lstrik itu sebagai SPKLU," ungkap Pria yang akrab disapa Darmo saat rapat bersama Komisi VII DPR RI di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Baca juga: Jangan Kaget Nanti Banyak Mobil Parkir Dekat Tiang PLN, 2.000 SPKLU Tiang Listrik Akan Hadir di 2024

"Kami akan pilih lokasi strategis dimana tempat umum yang banyak EV (electric vehicle) parkir, atau di sekitar apartement yang banyak EV terparkir, kami langsung bisa mengubah tiang listriknya menjadi SPKLU. Kami menargetkan menambah 2.000 unit SPKLU tiang selama 2024 ini," sambungnya.

Ia mengharapkan, keberadaan EV Charging ini dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

Adapun seperti diberitakan sebelumnya, PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV Charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN.

Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah merinci, saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi.

Sebarannya yakni, dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Saat ini, terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE, yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

Selanjutnya akan dilakukan asessment dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging.

Chairani melanjutkan, berkat transformasi digital membuat keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan dengan bantuan SuperApp PLN Mobile.

"Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat