androidvodic.com

Dukung Transformasi Digital Multi Sektor, Pemuda ASEAN Ikuti Pelatihan Data Science - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Perkembangan teknologi yang pesat turut mendorong semua pihak untuk melakukan transformasi digital di berbagai sektor.

Transformasi digital dibutuhkan agar aktivitas yang menggunakan teknologi digital dapat digunakan dengan optimal, lebih efisien, produktif serta meningkatkan aksesibilitas layanan dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Untuk mendukung upaya tersebut, ASEAN Foundation bersama Dampak Sosial Indonesia (DSI) dan SAP menyelenggarakan program pelatihan data science bertajuk ASEAN Data Science Explorers 2024.

Baca juga: Korlantas Polri: SIM Indonesia Bisa Dipakai di Sejumlah Negara ASEAN Pada 2025

Program ini diselenggarakan untuk memberikan keterampilan data analytics kepada pemuda di ASEAN yang berlangsung dari bulan April hingga Mei 2024.

Program ini diharapkan bisa membuka akses untuk pemuda yang membutuhkan kemampuan digital skill tapi memiliki akses yang terbatas.

“Banyak sekali aktivitas yang berkaitan dengan alat dan media digital sehingga butuh keterampilan dalam mengelola dan menjalankannya. Digital skill juga turut mendukung kepentingan untuk berkarir, berbisnis dan aktivitas lainnya, ujar Yogie Armanda selaku Managing Director Dampak Sosial Indonesia dalam keterangan tertulis dikutip Senin, 3 Juni 2024.

Baca juga: Kertas Kebijakan Digitalisasi Sistem Kesehatan Se-ASEAN Diluncurkan Demi Cegah Pandemi Berikutnya

Pelatihan dilaksanakan secara hybrid, daring melalui Zoom Meeting dan secara luring lewat Pelatihan on-site yang dihadiri oleh perwakilan komunitas dari wilayah Jabodetabek.

Pada kegiatan on-site, Fidia Agusnaidi, Project Officer ASEAN Foundation mengatakan, setiap pemuda ASEAN tidak boleh tertinggal dan harus selalu diikutsertakan. "Meningkatkan keterampilan digital adalah suatu keharusan bagi kita sebagai pemuda untuk bertahan di Industri 4.0," kata dia.

Alam, salah satu peserta merasa mendapatkan manfaat mengikuti program ini.

“Bukan hanya buat yang bekerja di korporat, untuk yang bekerja di startup atau mau menjadi freelancer itu benar-benar bermanfaat banget,” ujarnya.

Menurutnya, program ini merupakan langkah yang sangat baik dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia menghadapi masa depan yang lebih baik melalui keterampilan digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat