androidvodic.com

Anggota DPR Soroti Padam Listrik di Sumatera Bakal Berdampak ke Perekonomian Masyarakat - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak meminta PT PLN (Persero) untuk segera mengatasi gangguan listrik yang terjadi di Pulau Sumatera yang sudah berlangsung lebih dari 24 jam.

Menurut Amin, gangguan tersebut berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat dan berbagai sektor ekonomi.Amin menyoroti pentingnya ketersediaan listrik yang stabil dan terjamin.

"Padam listrik mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk penerangan, penggunaan peralatan rumah tangga, dan komunikasi. Gangguan listrik di Sumatera tidak hanya mengganggu aktivitas rumah tangga, tetapi juga berdampak pada industri, perdagangan, dan sektor lainnya," ucap Amin di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Pemadaman Listrik Bergilir 4 Jam Sehari, Warga Keluhkan Tagihan Malah Naik, Wali Kota Makassar Marah

Amin menuturkan, beberapa fasilitas kesehatan memerlukan pasokan listrik yang stabil untuk operasionalnya. Gangguan listrik dapat mempengaruhi layanan medis dan kesejahteraan masyarakat.

Sebab, tanpa listrik, sistem keamanan seperti CCTV dan alarm kemungkinan tidak berfungsi dengan baik. Jika dibiarkan, ini bisa memicu munculnya aksi kejahatan.

"Kami meminta PLN untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan secara optimal agar gangguan listrik dapat diminimalisir,” ujarnya.

Ketiadaan aliran listrik dalam waktu lama juga berdampak pada perekonomian. Industri manufaktur membutuhkan pasokan listrik yang konsisten untuk menjalankan mesin produksi. Gangguan listrik dapat menghambat produksi dan mengakibatkan kerugian.

Sementara itu toko, restoran, dan bisnis lainnya memerlukan listrik untuk beroperasi. Padam listrik dapat mengganggu transaksi dan mengurangi pendapatan.

Bukan hanya itu, gangguan listrik dapat mempengaruhi sistem transportasi, telekomunikasi, dan fasilitas umum lainnya.

Seharusnya PLN memiliki sistem deteksi penyebab gangguan maupun cara mengatasinya agar bisa mengatasi persoalan dengan cepat.

Blackout di seluruh Sumatera selama lebih dari 24 jam seperti saat ini menunjukkan masalah serius.

“Ini sangat disayangkan. Padahal peristiwa serupa pernah terjadi di Pulau Jawa beberapa waktu lalu. Saya harap PLN bisa segera menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat