androidvodic.com

Proyek Strategis Nasional PIK Diproyeksikan Serap 10 Tenaga Kerja Baru - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Proyek Strategis Nasional (PSN) Pantai Indah Kapuk (PIK) di Tangerang, Banten diproyeksikan mampu membuka jutaan lapangan kerja dan mendatangkan 20 juta wisatawan.

"PIK ini telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional dan diproyeksikan dapat menarik 20 juta pengunjung dan menciptakan 10 juta lapangan kerja," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di acara International Tourism Investment Forum 2024 yang diselenggarakan di Swissôtel Jakarta PIK Avenue, Rabu (5/6/2024).

Sandiaga mengatakan PIK ini akan berorientasi pada sektor wisata yang berbasis belanja, konser, hingga kesehatan.

Untuk di bagian kesehatan, ia mengatakan akan dibangun lebih banyak lagi rumah sakit di PIK.

"Kita akan memanfaatkan yang ada, tetapi akan dibangun lebih banyak RS di PIK. Tadi Pak Wamenkes (Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono) bilang Rp 167 triliun itu banyak yang dihabiskan warga Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan di luar negeri," ujar Sandiaga.

Target investasi di PIK ini sebesar 20 hingga 30 miliar dolar AS.

"Ini akan menarik sekitar 20 juta wisatawan tambahan, maka dibutuhkan fasilitas dukungan yang lebih besar. Jadi, target kita mungkin 20 sampai 30 miliar dolar secara keseluruhan bisa terinvestasikan di ekosistem pariwisata," tutur Sandiaga.

PIK yang kini menjadi PSN memiliki proyek pengembangan Green Area dan Eco-City seluas 1.756 ha dan dinamakan "Tropical Coastland".

Tropical Coastland ditujukan sebagai destinasi pariwisata baru yang berbasis hijau guna meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

Baca juga: Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Rampung Tahun Ini

Destinasi pariwisata tersebut juga didesain untuk mengakomodasi Kawasan Wisata Mangrove yang merupakan mekanisme pengamanan pesisir secara alami.

Proyek dengan nilai investasi sekitar Rp 65 triliun itu diharapkan dapat menyerap sekitar 6.235 tenaga kerja langsung dan 13.550 tenaga kerja sebagai efek pengganda.

Tropical Coastland dibiayai dari dana non APBN dan Badan Usaha Pengusul akan melakukan pembangunan Tropical Coastland secara bertahap.

Rencana opening tahap I berupa danau dan tempat ibadah sebagai destinasi Wisata Taman Bhineka paling lambat pada kuartal 3 (Q3) tahun 2024.

Penetapan 14 PSN, Termasuk PIK 2

Pemerintah telah menetapkan 14 proyek strategis nasional (PSN) baru pada tahun 2024, dua di antaranya Bumi Serpong Damai (BSD) dengan pengembang Sinar Mas Group dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 dengan Agung Sedayu Group.

Staf Khusus Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pengembangan dan pembangunan khusus di BSD dan PIK 2 merupakan bentuk dukungan dari pemerintah.

Baca juga: Jadi Proyek Strategis Nasional, Sistem Bayar Tol MLFF Diharapkan Bisa Segera Jalan

Wujudnya berupa percepatan proses untuk mendapatkan rekomendasi teknis dari kementerian terkait untuk pembangunan kawasan, sehingga mulai dari perencanaan sampai dengan pengembangan akan mendapat kemudahan.

Dia bilang, banyak perizinan di BSD dan PIK 2 yang masih belum rampung. Hal ini yang menghambat investor terhambat dalam menjalankan aktivitas usahanya.

"Kekhususan ini yg kemudian negara harus hadir dalam rangka membantu proses pembangunan dan percepatan. Bayangkan saja rekomendasi teknis dari 1 kementerian saja membutuhkan waktu 1-2 tahun," terang Bang Zaki, sapaan akrabnya kepada wartawan, Rabu (27/3/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat