androidvodic.com

Tingkat Literasi dan Inklusi Pasar Modal Masih Rendah, Masyarakat Diberikan Edukasi - News

News, JAKARTA - PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (Trimegah) kerja sama dengan Ikatan Alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (IA SBM-ITB), dalam mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).

Direktur Utama Trimegah Philmon Tanuri mengatakan, poin utama kerja sama ini adalah edukasi dan literasi pasar modal bagi anggota IA SBM-ITB.

Baca juga: Perluas Akses Investasi Nasabah, Bank Mandiri Jalin Kerja Sama dengan Trimegah Asset Management

Dalam kerja sama ini, kata Philmon, Trimegah turut mendukung berbagai kegiatan lain yang dilakukan IA SMB-ITB guna memberi dampak positif bagi anggota, almamater maupun masyarakat secara luas.

"Ini mempertegas komitmen Trimegah untuk meningkatkan edukasi dan literasi pasar modal bagi masyarakat Indonesia, untuk semua kalangan,” kata Philmon ditulis Kamis (6/6/2024).

Baca juga: Dana IPO Trimegah Bangun Persada Sudah Terpakai Rp5,8 Triliun untuk Bayar Utang

Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, jumlah investor pasar modal pada Desember 2023 mencapai 12,17 juta atau meningkat 18,01 persen dari 10,31 juta pada tahun 2022.

Meski jumlah investor mengalami peningkatan, namun tingkat literasi dan inklusi di pasar modal masih relatif rendah.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan di pasar modal baru mencapai 4,11 persen, dan tingkat inklusi keuangan di pasar modal sebesar 5,19 persen.

Oleh karena itu, inisiatif kolaborasi antara para pelaku usaha di sektor keuangan menjadi sangat penting dilakukan.

Ketua Umum IA SBM-ITB Novrizal Pratama menyampaikan, IA SBM-ITB merupakan salah satu ikatan alumni mahasiswa bisnis terbesar di Indonesia, yang menaungi alumni SBM-ITB yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami percaya kolaborasi dengan Trimegah yang dimulai pada hari ini dapat mendukung visi misi kami untuk menjadi organisasi alumni sekolah bisnis terbaik di Asia Tenggara,” ujar Novrizal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat