androidvodic.com

KM Umsini Terbakar saat Sandar di Pelabuhan Makassar, Pelni Pastikan Tak Ada Korban Jiwa - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran KM Umsini saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar pada Minggu (9/6/2024) pagi.

"Saat ini pemadaman api sudah berhasil dilakukan dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: Pelni Layani 304 Ribu Penumpang Kapal di Periode Arus Mudik

Evan mengatakan, pada saat kejadian Anak Buah Kapal (ABK) dengan cepat melakukan pemadaman dengan alat pemadam CO2 yang tersedia di atas kapal. Adapun total penumpang di KM Umsini sebanyak 1.677 orang.

"Saat yang bersamaan menurunkan penumpang ke dermaga. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait," ujar Evan.

Selain itu, Evan menyatakan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas insiden kebakaran KM Umsini.

Dia bilang, informasi seputar pembatalan tiket, penyesuaian jadwal maupun informasi lainnya dapat diperoleh melalui saluran resmi Contact Center 021-162 atau Whatsapp Official 08111621162

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang atas kejadian ini. Kami juga menghimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk dapat menyesuaikan perjalanannya," jelas Evan.

Sebelumnya diberitakan, sebuah kapal pengangkut penumpang terbakar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Minggu (9/6) pagi.

Kapal itu diketahui, KM Umsini Jakarta.

Baca juga: KM Umsini yang Terbakar di Pelabuhan Makassar Milik Pelni

Dalam rekaman video yang beredar, tampak kepulan asap hitam membubung dari atas kapal.

"Hari Minggu pagi, jam 5, KM Umsini Pelabuhan Makassar, jam 5 subuh ini, jam 5 subuh," ucap perekam video sambil mengarahkan kamerah ponselnya ke arah kepulan asap hitam KM Umsini.

Di video lainnya juga terlihat sebuah kapal berbeda menyiram kapal KM Umsini.

Selain itu, ada beberapa orang yang tampak turun dari tangga kapal.

Sejumlah armada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar juga telah dikerahkan ke lokasi.

Belum diketahui pasti kronologi dan penyebab kebakaran itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat