androidvodic.com

Kronologi KM Umsini Terbakar saat Sandar di Pelabuhan Makassar, Percikan Api Muncul dari Ruang Mesin - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero), mengungkap kronologi insiden KM Umsini yang terbakar saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada Minggu (9/6/2024).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA. Dia menduga, sumber tersebut berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin.

Evan menyatakan, saat ini pemadaman api sudah berhasil dilakukan dan tidak ada korban jiwa dari insiden ini.

Baca juga: KM Umsini yang Terbakar saat Sandar di Pelabuhan Makassar Berpenumpang 1.677 Orang

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. ABK kapal dengan cepat berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat pemadam CO2 yang tersedia di atas kapal, dan saat yang bersamaan menurunkan penumpang ke dermaga," kata Evan dalam keterangannya, Minggu.

Selain itu, Evan mengatakan bahwa dampak dan penyebab kebakaran sendiri akan segera dilakukan pemeriksaan setelah proses pendinginan selesai.

Di sisi lain, Evan menyebut bahwa jumlah penumpang yang berada di KM Umsini ini sebanyak 1.677 orang.

Baca juga: KM Umsini yang Terbakar di Pelabuhan Makassar Milik Pelni

Evan mengatakan, tujuan dari 1.677 penumpang itu meliputi Makassar, Surabaya, Kijang, dan Jakarta. Kata dia, penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal PELNI lainnya yang akan melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," ujar Evan.

Sebelumnya, manajemen Pelni membenarkan kapal KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada Minggu (9/6/2024) pagi adalah milik Pelni.

"Betul (KM Umsini milik Pelni)," kata Manajer Humas dan Kelembagaan PT Pelni Ditto Pappilanda saat dihubungi Tribunnews, Minggu.

Dalam rekaman video yang beredar, tampak kepulan asap hitam membubung dari atas kapal.

"Hari Minggu pagi, jam 5, KM Umsini Pelabuhan Makassar, jam 5 subuh ini, jam 5 subuh," ucap perekam video sambil mengarahkan kamerah ponselnya ke arah kepulan asap hitam KM Umsini.

Di video lainnya juga terlihat sebuah kapal berbeda menyiram kapal KM Umsini.

Selain itu, ada beberapa orang yang tampak turun dari tangga kapal.

Sejumlah armada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar juga telah dikerahkan ke lokasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat