androidvodic.com

Jerry Sambuaga Serahkan Kans Dirinya Kembali Menjabat di Kabinet Berikutnya ke Prabowo - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga enggan merespons kans dirinya kembali menjabat di kabinet berikutnya.

Politikus Partai Golkar itu hanya merespons singkat. Menurut dia, semua keputusan siapa menteri dan wakil menteri di kabinet baru ada di tangan Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto.

"Itu serahkan kepada presiden terpilih," kata Jerry ketika ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Baca juga: Gerindra: Sangat Mungkin Prabowo-Gibran Bahas Formasi Kabinet dalam Pertemuan di Hambalang

Pada intinya, kata dia, hal yang ia lakukan saat ini adalah bekerja sebaik mungkin.

"Kita intinya bekerja sebaik mungkin," ujar Jerry secara singkat sebelum meninggalkan awak media.

Jerry Sambuaga menjabat sebagai Wamendag di Kabinet Indonesia Maju sejak 2019. Ia sudah menjadi wakil dari tiga Menteri Perdagangan berbeda.

Pada 2019-2020 menjadi wakil Agus Suparmanto, 2020-2022 menjadi wakil Muhammad Lutfi, dan kini sejak 2022 menjadi wakil Zulkifli Hasan.

Semasa menjabat, Jerry kerap membanggakan dirinya berhasil menjaga neraca perdagangan Indonesia tetap surplus.

Contohnya seperti pada Februari 2024, ia mengatakan neraca perdagangan Indonesia surplus 45 bulan berturut-turut. Kala itu, Badan Pusat Statistik mencatat, pada Januari 2024 RI surplus 2,02 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

"Saya jadi wamen itu Oktober 2019. Jadi, saya sudah jadi wamen 50 bulan, 4 tahun lebih. 45 bulan kita surplus neraca perdagangan," kata Jerry kala itu.

Baca juga: Gus Yahya: Paling Tidak Separuh Kabinet Prabowo-Gibran dari NU

Selain itu, Jerry juga sering menyuarakan dukungannya kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pernah ada momen dirinya memamerkan barang-barang hasil produk lokal yang ia gunakan saat bekerjan seperti baju, celana, dan jam tangan.

Di atas panggung saat sedang memberi sambutan, ia sampai melepas sepatunya yang merupakan buatan dalam negeri dan menunjukkannya kepada audiens.

"Sepatu yang saya pakai, benar ini enggak bohong, kalau saya copot ini, ini ada nama saya. Sesuai nama saya, Jerry Sambuaga," ujar Jerry, Senin (26/2/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat