androidvodic.com

Melawat ke Spanyol, Menparekraf Tawarkan 4 Negara Investasi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu sejumlah perwakilan negara peserta Executive Council UN Tourism Meeting di Barcelona, Spanyol.

Pertemuan itu dalam rangka membahas potensi investasi dalam upaya pengembangan parekraf Indonesia.

Ada empat perwakilan negara peserta Executive Council UN Tourism Meeting yang ditemuinya.

Baca juga: BRI Menanam Grow & Green: Jaga Ekosistem Laut sekaligus Tingkatkan Potensi Wisata Daerah

Ada Menteri Negara bidang Pariwisata Spanyol Rosario Sanchez Grau serta Menteri Sumber Daya Alam dan Pariwisata Tanzania Angeliah Jasmine Mbelwa Kairuki.

Lalu, ada Menteri Pariwisata Republik Federal Nigeria Lola Ade-John dan Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Aqeel AlKhateeb.

Selain membahas potensi kerja sama pengembangan sektor parekraf, Sandiaga juga mengajak investor dari negara-negara itu berinvestasi di Indonesia.

Ia menilai investasi berperan penting dalam upaya pengembangan sektor parekraf yang berkualitas dan berkelanjutan di Tanah Air.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, sektor parekraf adalah sektor yang sangat menjanjikan.

"Sektor ini terbukti menjadi salah satu sektor perekonomian yang menyumbang angka yang cukup besar bagi produk domestik bruto (PDB) Indonesia atau sekitar 8 persen," kata Sandiaga dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (13/6/2024).

Tidak hanya itu, kata dia, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang menjadi modal kuat dalam memanfaatkan sektor parekraf sebagai lokomotif penggerak perekonomian masyarakat.

Baca juga: Kemajuan Wisata Medis Diharapkan Tak Hanya Pentingkan Investasi, Tapi Juga Pelayanan

Selain itu, sektor parekraf di Indonesia juga disebut mampu menciptakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat.

"Jadi dalam pertemuan ini, saya meyakinkan kepada perwakilan negara-negara sahabat untuk berinvestasi di Indonesia," ujar Sandiaga.

"Terutama dalam pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas dan peningkatan sumber daya manusia serta potensi-potensi kerja sama lainnya untuk menciptakan sektor parekraf yang berkualitas, berkelanjutan, dan bermanfaat baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, maupun lingkungan," pungkasnya.

Lima destinasi pariwisata super prioritas tersebut ialah Candi Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat