androidvodic.com

Menperin Mau Inspeksi ke IMIP Usai Kecelakaan Kerja yang Berulang, SBIPE Ingin Dilibatkan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyatakan siap melakukan inspeksi ke kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) usai kecelakaan kerja kembali terjadi di wilayah tersebut.

Pada Kamis (13/6/2024) malam, kecelakaan kerja terjadi di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Insiden berupa semburan uap panas itu mengakibatkan dua pekerja menjadi korban, yang kabar terakhirnya menyebutkan mereka sedang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Kecelakaan Kerja Lagi di Smelter Morowali, Menperin Ingatkan PT ITSS dan IMIP Patuhi Regulasi

Kecelakaan kerja tersebut kembali terjadi setelah pada 23 Desember 2023 terjadi ledakan smelter di PT ITSS dan menelan puluhan korban jiwa.

Serikat Buruh Industri Pertambangan dan Energi (SBIPE) IMIP Morowali pun menyambut baik rencana inspeksi Menperin.

Ketua SBIPE Henry senang jika Menperin bersama timnya datang dan melakakukan investigasi menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak.

"Kami sangat senang dapat bertemu untuk memberikan informasi yang kami dapatkan dari kejadian tersebut," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (17/6/2024).

Henry juga mengapresiasi rekomendasi perbaikan yang dilayangkan Kemenperin kepada PT ITSS atas ledakan pada Desember 2023 lalu.

Diketahui Kemenperin sudah pernah memberikan rekomendasi perbaikan penting usai ledakan smelter yang terjadi pada Desember 2023 di PT ITSS dan menelan puluhan korban jiwa.

Baca juga: Serikat Buruh IMIP Morowali Sayangkan Kembali Terjadi Kecelakaan Kerja di Smelter, Minta Audit Total

Salah satunya adalah perusahaan dianjurkan melakukan beberapa perbaikan esensial guna meningkatkan keselamatan operasional.

Sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang telah meminta PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengklarifikasi soal kecelakaan kerja yang kembali terjadi di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), kawasan IMIP.

Namun sayangnya pihak IMIP kala itu tidak dapat hadir karena sedang melakukan investigasi.

Agus pun mengatakan Kemenperin akan berkoordinasi dengan manajemen PT ITSS dan PT IMIP untuk memastikan ketaatan terhadap regulasi keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat