androidvodic.com

Kemenperin Luncurkan Tech Link Summit 2024 untuk Percepat Transformasi Teknologi - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Kementerian Perindustrian aktif mendorong binaannya menjalankan transformasi teknologi demi meningkatkan daya saing dan pendalaman struktur industri melalui Seminar Startup4industry "Akselerasi Transformasi Teknologi di Indonesia" dan peluncuran Tech Link Summit 2024.

Seminar untuk menunjukkan manfaat dan memperkenalkan forum transformasi teknologi bersama tech startup Indonesia, dan menginspirasi industri dan masyarakat untuk memulai perjalanan transformasi teknologinya.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita, mengatakan dengan cepatnya perkembangan teknologi dan inovasi, kolaborasi antara startup dengan dunia usaha dan dunia industri menjadi semakin penting untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

"Bekerja sama dengan tech startup bisa menjadi strategi quick wins bagi industri untuk melakukan transformasi teknologi sesuai tuntutan pasar," tutur Reni dalam acara Seminar Startup4Industry dan Peluncuran Tech Link Summit 2024 di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Langkah preventif untuk melindungi industri dalam negeri tidak terbatas hanya menekan impor, namun juga meningkatkan adopsi teknologi agar industri lebih produktif dan efisien.

"Saya mengajak pimpinan perusahaan atau asosiasi yang hadir di sini dapat mengikuti sesi diskusi pendalaman dengan aktif agar dapat mengidentifikasi kebutuhan industri dan menggali potensi, serta peluang dari solusi startup Indonesia," terang Reni.

Reni berharap, pada seminar dan diskusi yang dilakukan, startup yang hadir atau melalui Starfindo dapat menyampaikan dengan baik value yang didapat pelaku industri jika mengimplementasikan solusi atau inovasi tech startup.

Baca juga: Perusahaan Ini Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan dan IoT untuk Kebutuhan Air Panas di IKN

"Diskusi pendalaman mengarah pada penciptaan nilai baru dalam rangkaian proses bisnis perusahaan, seperti lini produksi, penyimpanan (warehouse), pemasaran, logistik dan transportasi, pengolahan limbah, efisiensi energi, serta pengelolaan manajemen perusahaan," ucapnya.

Program Startup For Industry berlangsung sejak tahun 2018, diikuti oleh 1.115 startup dan menghasilkan 120 finalis yang sudah mendapatkan pembinaan agar dapat memenuhi standard dan kebutuhan usaha dunia industri.

Baca juga: BPSDMI: Potensi Kerja Sama dari Hannover Messe Bisa Dorong Proses Transformasi Teknologi 4.0

Selain itu, melalui Tech Link Summit 2024, potensi para startup akan dipertemukan dengan kebutuhan usaha dunia industri berdasarkan kemampuan teknologi dengan proses bisnis industri yang akan didorong untuk melakukan transformasi teknologi.

"Harapannya, Tech Link Summit 2024 akan menjadi forum tahunan dimana pelaku industri dapat mengeksplorasi dan mencari inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya. Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan maupun asosiasi yang telah hadir dalam acara ini, semoga Tech Link Summit dapat menjadi akselerator transformasi teknologi di berbagai perusahaan," kata Reni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat