androidvodic.com

Dukung Target Migas Nasional, EMP Pastikan Ada Penambahan Produksi Gas dari Proyek BCP Seng Riau - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - EMP Bentu Limited menuntaskan proyek start-up dan commissioning Fasilitas Booster Compression Plant (BCP) Seng yang terletak di Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

VP Project & Facilities EMP, Kusnu Budi Hartanto mengatakan, proses start-up dan commissioning tersebut berlangsung sejak 5 Juni 2024 hingga fasilitas bisa on-stream pada 24 Juni 2024.

"Tahap awal telah mengalirkan gas dari sumur-sumur Lapangan Seng melalui existing Seng Manifold ke BCP Seng, kemudian mengoperasikan peralatan utility secara bertahap, dijalankan tanpa beban terlebih dahulu," kata Kusnu dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024).

Baca juga: SKK Migas: Produksi Gas 12 BCFD Bisa Terealisasi Pada 2030

Ia melanjutkan, pekerjaan tersebut cukup menyita waktu karena Gas Compressor sebagai peralatan utama perlu pengecekan program pada panel control, setting parameter operasi, dan juga beberapa kendala teknis lainnya.

"Berkat teamwork yang solid, pada tanggal 24 Juni 2024 lalu BCP seng telah on-stream dengan aman," ujarnya.

Start-up dan commissioning dalam industri gas bumi adalah tahapan pekerjaan yang dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh peralatan dan instalasi berada dalam keadaan siap beroperasi secara kontinu.

Baca juga: Terdapat Produksi Gas Bumi Melimpah di Jawa Timur, SKK Migas Dukung Pasar Baru di Luar Wilayah Kerja

Menurut Kusnu, dengan dioperasikannya booster compressor di BCP Seng, maka gas dari reservoir dapat diproduksikan dengan tekanan kepala sumur yang lebih rendah.

"Sehingga hal ini akan didapatkan laju alir gas yang lebih besar sehingga produksi gas akan meningkat," ujar Kusnu Budi.

Ditempat terpisah, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Rikky Rahmat Firdaus memberikan apresiasi tuntasnya pekerjaan BCP Seng yang dikelola oleh EMP Bentu Limited.

Baca juga: Bangun Kolaborasi Guna Optimalkan Penyerapan Gas Bumi, SKK Migas Gelar Forum Gas Bumi 2024

SKK Migas akan terus memonitoring commissioning BCP Seng dapat beroperasi dengan maksimal, sehingga bisa menaikkan produsi gas sebesar 5-10 MMSCFD.

"Dengan adanya penambahan fasilitas dan sumur baru dari EMP Bentu ini diharapkan turut mendukung target produksi migas nasional yakni satu juta barel minyak dan 12 BCF gas per hari," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat