androidvodic.com

Komjen Pol Marthinus Hukom Rintis Kolaborasi BNN - DEA AS untuk Putus Sindikat Narkoba Internasional - News

JAKARTA, News - Kolaborasi  antarlembaga internasional sangat diperlukan untuk upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), hingga memutus jaringan sindikat narkotika.

Demikian disepakati dalam rangkaian kunjungan kerja (study visit) Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) ke Amerika Serikat, pekan lalu.

Pada hari pertama kunjungan, BNN menyambangi kantor Special Operations Division (SOD) Drug Enforcement Administration (DEA), di Amerika Serikat, pada Rabu (15/5/2024).

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom didampingi staf, seperti Deputi Pemberantasan, Deputi Hukum dan Kerja Sama, Direktur Psikotropika dan Prekursor, Kepala Pusat Penelitian Data dan Informasi (Puslidatin), serta Analis Rancangan Naskah Perjanjian (RNP). Delegasi diterima oleh Assistant Special Agent In Charge (ASAC) SOD.

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi BNN menyambangi kantor Special Operations Division (SOD) Drug Enforcement Administration (DEA), di Amerika Serikat, pada Rabu (15/5/2024).  (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI)
Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi BNN menyambangi kantor Special Operations Division (SOD) Drug Enforcement Administration (DEA), di Amerika Serikat, pada Rabu (15/5/2024). (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI)

SOD merupakan unit khusus dalam struktur DEA yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan dan mendukung investigasi peredaran narkotika berskala besar dengan melibatkan berbagai agensi.

Sejak berdiri 1994, SOD DEA memfasilitasi pertukaran informasi dan kolaborasi antarlembaga penegak hukum federal, negara bagian, lokal, dan internasional, untuk menangani dan memutus jaringan sindikat narkotika. Mereka berfokus pada peredaran narkotika tingkat tinggi dan tindak pidana pencucian uang yang berdampak signifikan terhadap aliran narkotika ke Amerika Serikat.

Pihak SOD menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin sangat baik antara BNN dan DEA, selama ini.

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi BNN menyambangi kantor Special Operations Division (SOD) Drug Enforcement Administration (DEA), di Amerika Serikat, pada Rabu (15/5/2024).  (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI)
Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom (kanan) didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi BNN menyambangi kantor Special Operations Division (SOD) Drug Enforcement Administration (DEA), di Amerika Serikat, pada Rabu (15/5/2024). (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI) 

Dalam diskusi disebutkan juga, SOD memiliki peran signifikan bagi agen federal dalam melakukan koordinasi di lapangan terkait antarkasus yang ditangani. Praktis, tidak ada dua agen yang menangani satu kasus yang sama, sehingga tidak tumpang tindih dan operasi berjalan efektif dan efisien.

SOD juga memanfaatkan teknologi komunikasi mulai dari telepon, internet, hingga radio. Langkah ini digunakan untuk melakukan investigasi kejahatan transnasional domestik dan internasional.

Study visit Delegasi BNN RI  diharapkan membuka wawasan yang kemudian dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan Indonesia dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika.

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi antara lain bertemu dengan Kuasa Usaha ad interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  di Washington DC, Amerika Serikat, Ida Bagus Made Bimantara, Kamis (16/5/2024).   (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI)
Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom (kanan) didampingi staf, melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Delegasi antara lain bertemu dengan Kuasa Usaha ad interim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat, Ida Bagus Made Bimantara, Kamis (16/5/2024). (HO/BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI) 

Delegasi BNN, juga melakukan rangkaian kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (16/5/2024). Delegasi diterima Kuasa Usaha ad interim Ida Bagus Made Bimantara.

Kedua pihak mendiskusikan situasi terkini mengenai peredaran narkotika di Indonesia dan Amerika Serikat, serta membahas peluang kerja sama antara BNN dan Drug Enforcement Administration (DEA) AS.

Pada kesempata itu, BNN berharap dapat memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan DEA, khususnya melalui upaya pengembangan kapasitas.

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom menyatakan Indonesia secara serius mewaspadai peredaran gelap narkotika dari benua Amerika dan wilayah Golden Triangle di Asia Tenggara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat