androidvodic.com

Gejala Covid-19 Mirip Flu Banyak Tak Disadari, Analisa Epidemiolog: Picu Penularan Makin Tinggi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan miripnya gejala virus corona (Covid-19) dengan influenza, membuat angka mereka yang terinfeksi virus ini semakin meningkat.

Hal ini karena mereka tidak menyadari gejala seperti nyeri otot hingga menggigil juga berpotensi menunjukkan gejala Covid-19.

"Makanya ini yang membuat kenapa Covid ini berbahaya, dalam artian orang nggak aware, nggak menyadari, karena kan siapa yang nggak pernah nyeri otot, pegal-pegal, kita kalau mau kena flu ya begitu juga," ujar Dicky, kepada Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Update Corona Indonesia 12 Februari 2021 dan Sebaran per Provinsi: Sulsel Catat 50.941 Kasus

Baca juga: Mengggigil hingga Nyeri Otot Jadi Gejala Baru Covid-19? Epidemiolog: Semua Virus Seperti Itu

Penyakit influenza di berbagai negara pada umumnya memiliki gejala yang sama.

Karena gejala Covid-19 ini serupa dengan influenza, maka banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa mereka mungkin saja terinfeksi Covid-19.

Ilustrasi-Flu.(Google)
Ilustrasi-Flu.(Google) (Google)

"Nah gejala-gejala ini karena udah biasa untuk masyarakat, tidak hanya di Indonesia, di berbagai negara kan kena ke flu ya seperti itu," jelas Dicky.

Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini tentunya tidak menunjukkan tanda fisik seperti penyakit cacar maupun demam berdarah.

Sehingga masyarakat pada umumnya akan menganggap biasa gejala yang dialami saat mulai terinfeksi Covid-19, karena mereka beranggapan hanya terkena influenza biasa.

Baca juga: Tindak Lanjuti Perintah Presiden Jokowi, Menag Terbitkan Instruksi Sosialisasi Prokes 5M

Baca juga: Sama-sama Nyeri di Bagian Dada, GERD Sering Dikira Penyakit Jantung

Namun masyarakat bisa mulai menyadari jika gejala yang mereka rasakan itu menunjukkan level cukup berat, yakni gangguan nafas.

"Nah ini yang beda, misalnya kalau cacar ada bintik bintik, atau misalnya demam berdarah ada sampai mimisan seperti itu. Nah (Covid-19) ini gejalanya hampir mirip kayak flu-flu begitu bagi yang ringan, tapi bagi yang (gejala) berat nanti ada gangguan nafas," papar Dicky.

Jangan Kendor, Disiplin Mencegah Corona Melalui 5 M

Karakter super hero memakaikan masker ke temannya saat kampanye
Karakter super hero memakaikan masker ke temannya saat kampanye "Jakarta Bermasker" di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2021). Sat Reskrim Polres Jakpus membagikan sebanyak 10.000 masker dan 5.000 mulativitamin ke warga, sebagai bentuk kampanye Jakarta Bermasker sekaligus himbauan kepad warga untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan dengan 5M. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) (WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha)

Oleh karena itu, untuk menekan angka mereka yang terinfeksi Covid-19, kata Dicky, protokol kesehatan 5M perlu dilakukan secara disiplin oleh masing-masing individu.

"Dan inilah sebabnya kita harus berprinsip bahwa bisa membawa virus ini sampai terbukti sebaliknya. Sehingga kita harus melakukan upaya pencegahan (melalui) 5M itu ya," tegas Dicky.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan miripnya gejala covid-19 membuat angka mereka yang terinfeksi virus ini tinggi.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat