androidvodic.com

Kasus Covid-19 Melonjak, IDI Ingatkan Pemerintah Soal Perlindungan Tenaga Kesehatan - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai, di tengah lonjakan penambahan kasus Covid-19 serta peningkatan kasus kematian akibat Covid-19, diharapkan pemerintah dapat meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kesehatan yang bekerja membantu perawatan pasien Covid-19.

"Agar tidak mudah terinfeksi sehingga dapat terus memberikan pertolongan dan perawatan serta dapat menjamin pelayanan terhadap pasien Covid-19 tetap berlangsung," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih dalam keterangan pers yang diterima, Senin (21/6/2021).

Pemerintah daerah khususnya mengalami lonjakan kasus dan daerah sekitarnya juga diminta untuk menyempurnakan strategi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro sebagai upaya memutus rantai penularansesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020.

"Segera mengambil kebijakan emergency dengan pengetatan dan pembatasan mobilitas serta aktifitas warga untuk mengendalikan kondisi darurat tingginya lonjakan kasus Covid-19 di daerah masing-masing dan mencegah kolapsnya pelayanan kesehatan," kata Daeng.

IDI juga meminta pemerintah untuk mempercepat vaksinasi massal.

Baca juga: Positif Covid-19, Bintang Emon Tanggapi Kondisinya dengan Candaan

Selain itu, memperluas upaya tracing dan testing pada semua kelompok umur termasuk anak-anak.

"Meminta masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan pengawasan yang ketat dan sanksi yang tegas dari aparat penegak hukum," kata Daeng.

Pencegahan virus corona menurut WHO

Menurut WHO, Langkah-langkah perlindungan dari virus corona adalah tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah Covid-19.

Hal tersebut tersedia di situs web WHO atau melalui otoritas kesehatan publik nasional dan lokal.

Cara mencegah kemungkinan terinfeksi Covid-19 adalah dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana seperti berikut ini:

1. Cuci tangan teratur

Bersihkan tangan Anda secara teratur dan menyeluruh dengan hand sanitizer berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air.

Alasannya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kesehatan yang bekerja membantu perawatan pasien Covid-19.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat