androidvodic.com

TNI Siapkan 650 Tempat Tidur Untuk Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Cilandak - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) untuk fasilitas isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) Batalyon Kesehatan 1 (Yonkes-1) Marinir di Kesatrian Hartono Brigif-1 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (6/7/2021).

Rumkitlap tersebut berkapasitas 100 tempat tidur yang terdiri dari ruang perawatan pria dan wanita dengan 25 tenaga kesehatan yang bersiaga.

Selain itu, terdapat satu ruangan ICU (Intensive Care Unit) yang dapat dioperasikan setiap saat.

Kedatangan Hadi dan rombongan disambut Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Danbrigif-1 Mar Kolonel Mar Freddy Ardianzah.

Saat berdialog dengan Heri, Hadi mengatakan jika ada permasalahan atau kendala yang dihadapi khususnya tenda rumah sakit bisa disampaikan langsung kepada Ganip.

Baca juga: Aturan Rawat Inap bagi Pasien Covid-19 yang Diterbitkan Kemenkes

“Kalau memang perlu, diajukan saja untuk perbantuan di sini, BNPB kan punya tenda seperti ini. Nanti tinggal diinventarisir. Berarti Rumkitlap TNI AL yang berada di Cilandak dan Gedung Dolos Kwini bisa menampung 400 orang,” kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI, Selasa (6/7/2021).

Saat ini Marinir TNI AL sudah memiliki gedung isolasi Covid-19 yang berada di Lanmar Jakarta Gedung Dolos berkapasitas 300 tempat tidur termasuk 8 ruangan bertekanan negatif (hepafilter) dan 25 tenaga kesehatan yang bertugas di sana.

Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono juga menjelaskan TNI juga telah menyiapkan 150 tempat tidur di Yonkes 1/Kostrad dan 100 tempat tidur di Yonkes TNI AU selain yang telah disiapkan Marinir TNI AL tersebut.

Baca juga: Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Tetap di Rumah Selama Masa PPKM Darurat

Dengan demikian, total TNI telah menyiapkan 650 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Lapangan untuk fasilitas isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) di Cilandak.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat