androidvodic.com

Satgas Covid-19 Sebut Penerapan Protokol Kesehatan Menurun, Terutama Jaga Jarak dan Cuci Tangan - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA -Anggota Tim Pakar Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Udjiana Sekteria Pasaribu mengatakan jika ada penurunan kepatuhan protokol kesehatan pada masyarakat.

Secara statistik, dalam kepatuhan mengenakan masker, angkanya terkadang bisa naik. Tapi beberapa waktu bisa pula turun. 

"Kalau secara statistik menjaga masker tidak terlalu drastis. Naik turun lah,"ungkapnya pada siaran Radio MNC Trijaya, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Politikus Golkar Minta Masyarakat Lebih Ketat Patuhi Aturan Prokes Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Tangani Covid-19, MUI Ingatkan Agar Pengadaan Vaksin Halal Diutamakan

Namun, protokol kesehatan yang turun cukup siginfikan menurut perempuan yang akrab disapa Ria ini adalah menjaga jarak. Selain itu mencuci tangan juga mengalami penurunan.

"Jadi kenapa? Mungkin cuci tangan ga ada tempatnya. Karena sekarang seringkali air yang gak ngalir. Terus desinfektan kosong. Di fasilitas umum tempatnya ada, tisunya ada tapi disinfektannya kosong," kata Ria menambahkan.

Pengunjung menggunakan hand sanitizer pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (13/11/2021). Pameran otomotif GIIAS 2021 digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya pengunjung sudah menjalani vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kali, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan selalu menjaga jarak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung menggunakan hand sanitizer pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (13/11/2021). Pameran otomotif GIIAS 2021 digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya pengunjung sudah menjalani vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kali, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan selalu menjaga jarak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Di sisi lain Ria tidak menampik jika ada sebagian masyarakat yang tidak lagi mengenakan masker saat berada pada fasilitas umum.  

"Kemarin saya lihat di suatu supermarket, ditegur sama satpamnya karena si ibu tidak menggunakan masker. Hal hal seperti itu sudah tetap diingatkan," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Anggota Tim Pakar Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Udjiana Sekteria Pasaribu mengatakan jika ada penurunan kepatuhan protokol kesehatan.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat